Kontribusi PT Astra Bagi Dunia Pendidikan

Ajun Mahrudin | Sabtu, 31 Desember 2016 08:44
Bagikan ke Facebook
KM
Ilustrasi [Foto: Ajun Mahrudin]

PT. Toyota Autopart Indonesia, salah satu perusahaan yang tergabung dalam Grup Astra sudah terbilang lama menjalin kerjasama dengan SMK Pertiwi Kuningan khususnya soal rekrutmen tenaga kerja. Ini artinya Toyota sudah memberikan peluang kepada lulusan SMK yang punya keahlian bidang Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif dan Teknik Listrik.

Tak hanya  lulusan SMK Pertiwi, karena sekolah ini mendapat kepercayaan dari PT. Toyota sebagai tempat seleksi tenaga kerja untuk disalurkan di perusahaan tersebut.

Sebagaimana dikatakan Kepala SMK Pertiwi Kuningan Dea Vamitrianto, PT. Toyota Autopart Indonesia mulai melakukan rekrutmen tenaga kerja di SMK Pertiwi Kuningan pada tahun 2011. .

Saat itu ada 30 orang  yang lolos seleksi dari jumlah peserta sebanyak kurang lebih 100 orang  yang mendaftar pada gelombang pertama. Ini sudah terbilang bagus karena seleksi benar-benar memenuhi persyaratan sesuai kebutuhan perusahaan. “tidak hanya lulusan SMK Pertiwi Kuningan, lulusan SMK lain pun mengikuti tes seleksi tenaga kerja sesuai kriteria yang ditentukan PT. Toyota,”ujarnya.

Dea menjelaskan, kriteria dimaksud yaitu pria lulusan SMK Jurusan Automotif, Mesin, Listrik dengan batas usia maksimal 22 tahun, dengan mempunyai kemauan kerja tinggi. Selain itu, menyerahkan lamaran dan persyaratan seperti Photo Copy KTP, Poto Copy Kartu Keluarga, Riwayat Hidup,

Selain itu, Poto Copy Ijasah dan Transkip Nilai, Photo Copy AKI (Kartu Kuning), Poto Copy SKCK,Poto Copy Kartu Keluarga, Photo Copy KIR Dokter, Pas Photo 3 x 4 sebanyak dua lembar dan pas photo 4 x 6 sebanyak 2 lembar. Memang surat lamaran dan persyaratan ditujukan kepada PT Toyota, tapi bisa diserahkan melalui BKK SMK Pertiwi Kuningan.

Setelah sukses mengadakan tes seleksi calon tenaga kerja pada gelombang pertama, secara berkelanjutan PT. Toyota Autopart Indonesia pada tahun berikutnya kembali mengadakan tes seleksi calon tenaga kerja.

Berdasarkan catatan, PT Toyota tidak hanya memberikan kontribusi terhadap kemajuan pendidikan di SMK Pertiwi Kuningan tapi juga sekolah kejuruan lain di Kabupaten Kuningan.

Sebut saja SMK Auto Matsuda di wilayah Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan pernah menerima sumbangsih dari PT Toyota dalam bentuk bantuan satu unit kendaraan roda empat training, jenis Kijang Kapsul dari PT. TIMMIN (Toyota) Indonesia pada tahun 2011.

Pemberian bantuan itu sebagai wujud kecintaan PT Toyota kepada pelajar kejuruan. PT Toyota juga memberikan peluang kepada para pelajar yang terus berlatih dan punya keahlian untuk bergabung di Toyota.* 

AnugerahPewartaAstra

"Inspirasi 60 Tahun Astra"

Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia

 

Komentar (2)

helmi

Usaha yang keras adalah kemenangan yang hakiki. Sukses selalu SMK Pertiwi.

Diah Ayu Lestari

Sukses selalu untuk SMK Pertiwi Kuningan :)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: