Kecintaan Terhadap Budaya Lokal Kembali Tumbuh

| Jum'at, 24 Mei 2013 22:48
Bagikan ke Facebook
KM
[Foto: ]

KOTA, (KM): Kecintaan remaja Kuningan terhadap seni dan budaya daerah kini kembali tumbuh. Banyak kegiatan seni dan budaya daerah yang  telah digelar oleh kalangan muda di perguruan tinggi maupun di lingkungan masyarakat umum.  

Forum kajian Kolong Ciremai Institut (KONCI) Kuningan, bekerjasama dengan Lembaga Kebudayaan Mahasiswa (LKM) Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon, akan menghelat pagelaran 'MAMAYU BUDAYA'. Melestarikan budaya bagai air yang tak pernah surut.

Acara yang diikuti oleh Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, akan dilaksanakan di Gedung Negara Cirebon.pada 28-30 Juni mendatang

"Ini  dalam upaya penjagaan dan pelestarian masyarakat terhadap warisan budaya," kata Sukanda, Ketua pelaksana kegiatan, kepada KUNINGAN MEDIA, Kamis (23/5/2013).
Menurut Sukanda, derasnya gelombang globalisasi membuat tradisi seni budaya lokal seperti terpuruk dan tergeser keberadaannya. Oleh karena itu, pihaknya  ingin mencoba melestarikan dan menumbuhkan lkembali rasa kecintaan tehadap budaya lokal.

Sukanda menyebutkan, ada beberapa jenis kegiatan yang akan digelar diantaranya: Kompetisi Musik Kreatif Akustik, kompetisi Hadroh, Lomba Tari Topeng, Lomba Cipta dan Baca Puisi, Lomba Poto Pariwisata, Pameran Batik, Pementasan Angklung, Wayang Wong, Musik Etnik Kontemporer, dengan total hadiah Jutaan Rupiah dan Trophy Juara.

Sementara itu, Syapaat Mohammad dari KONCI Kuningan menjelaskan, untuk pendafataran dimulai sejak 20 Mei hingga 14 Juni 2013. Bagi yang ingin mendaftar bisa datang ke sekretariat KONCI, Jl. Otista, Gg. Melati 5 No. 105 pasapen 1 Kuningan atau untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi contact person Syapaat (081315155658). (Eka)***

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: