Dalam Rencana Program Tahun 2014

Pelayanan Kesehatan Bagi Warga Miskin Akan Ditingkatkan

KUNINGANMEDIA | Selasa, 05 Maret 2013 23:20
Bagikan ke Facebook
KM
[Foto: ]

RE. MARTADINATA (KUNINGANMEDIA) : Rendahnya pelayanan kesehatan bagi penduduk miskin di Kabupaten Kuningan, terutama pelayanan kesehatan yang dikelola oleh lembaga pemerintah, kini masih menjadi sorotan publik.

Berkaitan hal tersebut,  dalam rencana program   pembangunan   pada tahun  2014-2018 Pemkab Kuningan meanargetkan untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat khususnya warga miskin.

“Penempatan layanan kesehatan bagi penduduk miskin berada pada item pertama dalam sasaran kesehatan. Ini dikejar dalam RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tahun 2014 bidang pendidikan dan kesehatan,” ujar Kabid Sosial Budaya dan Pemerintahan  Badan Perencanaan  Pembangunanan (Bappeda), Kabupaten Kuningan, Sriwaluya, seusai mengikuti Rapat Forum SKPD , Selasa (5/3/2013).

Menurut Waluya, sasaran bidang kesehatan lainnya yakni meningkatnya pencegahan dan pengobatan, promosi kesehatan, kualitas kesehatan lingkungan, usaha kesehatan berbasis masyarakat, keluarga sadar gizi, sarana prasarana kesehatan, pelayanan KB serta  terbentuknya budaya pola hidup bersih dan sehat.

Secara umum musyawarah Forum SKPD dibagi dalam tiga bidang (bidang kesehatan pendidikan, bidang ekonomi infrastruktur dan bidang pemerintahan) yaitu meningkatkan pelayanan dan aksebilitas.

Sasaran pembangunan 2014-2018 adalah, meningkatnya pembangunan bidang pertanian dan pariwisata, semakin rendahnya tingkat ketergantungan terhadap pemerintahan daerah, meningkatnya daya beli masyarakat, meningkatnya sikap positif dan tingkat partisipasi swakarsa masyarakat dalm pembangunan.

“Ppelaksanaan forum SKPD Kuningan 2013 ini adalah kesepakatan tentang rumusan program dan kegiatan prioritas yang menjadi masukan untuk penyempurnaan Renja SKPD sebagai bahan untuk memutakhirkan rancangan awal RKPD tahun 2014,” paparnya. (Noenk Khazanah)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: