Rencana Pembangunan Waduk Kuningan Terbentur Dana Pembebasan Lahan

KUNINGANMEDIA | Kamis, 13 Desember 2012 22:14
Bagikan ke Facebook

CIBEUREUM : Rencana pemerintah pusat untuk membangun Waduk Kuningan, hingga kini belum ada kepastiaan. belum memasuki pembebasan lahan, masyarakat di sekitar lokasi yang akan djadikan waduk, banyak yang menolak jika lahannya dijadikan waduk tersebut.
Berdasarkan keterangan, Kamis (12/12), jika jadi dbangun Waduk Kuningan itu akan menenggelamkan Desa Kawungsari di wilayah Kecamatan Cibeureum serta ratusan hektar lahan di Dea Randusari Kecamatan Cibeureum. dan Desa Tanjungkerta Kecamatan Karangkancana
Sementara, dana untuk membangun Waduk itu sendiri akan menelan anggaran Rp 480 miliar, Belum utuk pembebasan lahan diperkirakan mencapai Rp 250 miliar. diperoleh informasi, Kementrian PU sendiri sudah siap untuk mengucurkan dana tersebut, namun tidak disertai dana untuk pembebsan lahan..
Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan (SDAP) Kabupaten Kuningan Kukuh T. Malik mengatakan, pembangunan Waduk Kuningan baru tahap perencanaan. Artinya untuk menuju tahap pebebasan lahan masih mencari sumber dana.
"Sampai saat ini belum pasti dari mana sumber dana untuk pembebasan lahan masyarakat itu. Karena dari APBD Kuningan sangat tidak mungkin dan tidak akan sanggup. Untuk dana pendamping saja kita tidak menyediakan . Ini ii merupakan pemrintah pusat,"kata Kukuh. .
Untuk itu, sambung Kukuh, dalam masalah pedana mbebasan lahan sendiri, Pemkab Kuningan terus melobi pemerintah pusat supaya bisa dialokasikan dari APBN, termasuk pendekatan terus ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk yang akan mengerjakan mega proyek tersebut. (khazanah/km)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: