Kirab Budaya Jawa Barat di Kuningan

KUNINGANMEDIA | Ahad, 11 November 2012 11:34
Bagikan ke Facebook

KOTA :Sejumlah kesenian daerah dari enam Kabupaten/turut memeriahkan acara Kirab Budaya Jawa Barat 2012 Zona Cerbon Dermayon, yang diadakan di Kabupaten Kuningan, Sabtu (10/11/2012). Enam daerah itu diantaranya Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang serta Kabupaten Kuningan.

Berdasarkan pantauan, kegiatan itu berlangsung mulai dari Pandapa Paramarta menuju Taman Kota Kuningan.
Acara tersebut menjadi tontonan menarik bagi masyarakat di sepanjang jalur tersebut. Bahkan di antara mereka sengaja a datang untuk menyaksikan acara yang boleh dibilang langka itu.

Beberapa  kesenian yang ditampilkan diantaranya kesenian gotong singa dari Kabupaten Subang, yang dipadukan dengan kesenian heulang Jawa. Begitu pula kesenian Naga dari Cirebon serta jenis kesenian daerah kabupaten lainnya. Sementara Kabupaten Kuningan diantaranya menampilkan kesenian Tari Buyung dan kaulinan barudak seperti oray-orayan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Barat, Nunung Sobari, mengatakan Kirab Budaya Jawa Barat mempunyai  tujuan diantara untuk menggugah masyarakat dalam upaya memelihara mengembangakn kesenian, mendorog seniman dan budayawan untuk meningkatkan kreativitasnya, memberikan hiburan kepada masyarakat, meningkatkan apresiasi masyarakat untuk menghargai kesenian daerah.

"Melalui Seni Budaya ini  diharapkan untuk mendorong ekonomi kreatif bagi masyarakat," kata Nunung.

Sementara itu, Bupati Kuningan menyambut baik atas kepercayaan Propinsi Jawa Barat sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Kirab Budaya Jawa Barat tersebut.

"Alhamdulillah selama ini banyak kegiatan Provinsi yang dilaksanakan di Kabupaten Kuningan. Saya menyambut gembira atas kepercayaan ini," kata Aang. (Lin/KM)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: