Menggali Potensi Sumber Air di Desa Rawan Air Bersih

KUNINGANMEDIA | Rabu, 26 September 2012 22:32
Bagikan ke Facebook

RE. MARTADINATA : Masyarakat di beberapa desa wilayah Kabupaten Kuningan, yang selama ini kesulitan  air bersih, ternyata tidak saja akibat  kemarau. Tapi diantaranya beberapa desa  tidak memiliki potensi air bersih.

Untuk menanggulangi hal tersebut, Dinas  Sumber Daya Air dan Pertambangan (SDAP) Kabupaten Kuningan, kini sedang membangun tiga buah sumur bor di tiga desa yakni Desa Kananga Kacamatan Cimahi, Desa Pakembangan Kecamatan Garawangi dan Desa Padamulya Kecamatan Maleber.

"Sebenarnya bukan hanya alasan musim kemarau, tapi memang masyarakat di desa tersebut tidak memungkinkan  membuat sumur biasa," kata Kepala Bidang Pertambangan dan Energi Dinas SDAP Kabupaten Kuningan, Deni Nurcahya, kepada kuninganmedia.com, Rabu (26/9/2012).

Menurut Deni, sumur bor yang dibangun  di tiga desa itu kedalaman  100 sampai 130 dengan memanfaatkan dana  APBD Jawa Barat  lebih dari  Rp 300 juta.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada musim kemarau tahun ini banyak warga di wilyah timur Kuningan yang kesulitan mendapat air bersih. Diantaranya di wilayah  Kecamatan Cidahu, Cimahi, Cibeureum dan Cibingbin Cibingbin.

Terkait gal tersebut,  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kamuning, sebagai salah satu   Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Kuningan secara rutin mengirimkan air bersih melalui mobil tangki untuk masyarakat yang kesulitan air bersih itu. (jun/kuninganmedia.com)**

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: