DPRD Kuningan Keluarkan Rekomendasi Kinerja PDAM Tirta Kamuning

KUNINGANMEDIA | Selasa, 04 September 2012 19:24
Bagikan ke Facebook

RE. MARTADINATA : DPRD Kabupaten Kuningan, akhirnya mengeluarkan beberapa rekomendasi terkait kinerja PDAM Tirta Kamuning untuk disampaikan kepada  Pemkab Kuningan..Keterangan yang dihimpun kuninganmedia.com , Selasa (4/9),

menyatakan pansus DPRD Kuningan telah  puluhan kali melakukan klarifikasi dengan jajaran direksi maupun karyawan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)  Kabupaten Kuningan itu.

Pansus kerap kebingungan dengan jawaban dan alasan yang dilontarkan PDAM. Entah bingung dengan jawaban yang tidak masuk akal, atau memang anggota Pansus-nya sendiri yang tidak memahami alur kinerjanya.

Bahkan saat Pansus mengklarifikasi langsung dengan Direktur PDAM pun, selalu terlibat perdebatan yang cukup alot. Penjelasan secara detail oleh PDAM, dari mulai kinerja hingga penjelasan penyaluran dana hibah Australia senilai Rp 14, 5 milar seolah membuat bingung anggota Pansus.

Desakan-desakan yang dilontarkan legislatif kerap membuat PDAM seolah kehabisan jawaban, terkadang pertanyaannya pun diulang-ulang, sehingga menyebabkan jajaran direksi kaku dan harus kembali menjawab ke pertanyaan awal. Terkadang pertanyaannya pun tidak masuk akal.

Tidak sekadar pertanyaan yang kerap memojokan, dan beberapa anggota DPRD termasuk yang tidak masuk Pansus pun menginginkan jika Direktur PDAM H. Kamdan sebaiknya dicopot dari jabatannya dan diganti oleh pimpinan yang lebih memahami bisnis (menurut dewan-red). Lebih heran, ada diantaranya yang menginginkan diganti oleh salah seorang dari aggota dewan.

Setelah sekian lama digodok oleh Pansus, dan entah apa yang terlibat antara Pansus (DPRD) dengan PDAM, akhirnya DPRD memutuskan bukan mengusulkan mencopot Direktur DAM, namun mengeluarkan beberapa rekomendasi untuk Pemkab Kuningan dalam membenahi kinerja dan aset PDAM selama beberapa tahun kebelakang.

“Dari hasil kerja Pansus, pimpinan DPRD memutuskan memberi rekomendasi kepada Pemkab  untuk mengkaji ulang kinerja. Rekomendasi itu diantaranya, mengaudit kembali aset yang telah diberikan ke PDAM selama beberapa tahun, dan melihat kembali keuntungan yang sebenarnya, karena selama ini PDAM selalu mengklaim rugi,” ujar Ketua DPRD, H. AcepPurnama. (Khazanah/km)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: