Zakat Fitrah di Kuningan Rp 19 Ribu

KUNINGANMEDIA | Senin, 06 Agustus 2012 21:23
Bagikan ke Facebook

IR. JUANDA : Ketua Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Kuningan, H. Uba Subari, AK, menyatakan penampungan zakat fitrah di Kabupaten Kuningan dilakukan melalui tiga jalur. Tiga jalur dimaksud yakni dikelola oleh UPZ desa/kelurahan, UPZ sekolah dan UPZ instansi pemerintah maupun swasta.

Zakat fitrah dari masyarakat melalui sub UPZ desa/kelurahan mencakup wilayah RT dan tempat penampungan di masjid/langgar/mushola dan pesantren masing-masing. Sementara zakat fitrah dari murid sekolah/madrasah TK/RA/SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, ditampung di setiap UPZ sekolah atau madrasah masing-masing.

Sedangkan untuk setiap pegawai negeri sipil/TNI/POLRI/Swasta, bagi satu jiwa khusus pegawai yang bersangkutan, zakat fitrahnya ditampung melalui UPZ Dinas/Badan/Lembaga/Kantor/Bagian/BUMN -BUMD dan kantor kecamatan masing-masing.

Menurut Uba, keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat kerja teknis yang diikuti berbagai instansi, sekolah dan lembaga lainnya. Bahkan menyangkut pendayagunaan dan besaran zakat fitrah pun berdasarkan rapat kerja teknis. Nilai  zakat fitrah di Kabupaten Kuningan sendiri, untuk tahun ini sebesar Rp 19 ribu.

"Nilai zakat fitrah sendiri selain berdasarkan hasil survei, juga ditetapkan melalui rapat bersama lembaga ." kata Uba Subari, didampingi Kepala Staf BAZ Kuningan, Suhro, kepada kuninganmedia.com, Senin (6/8/2012).

Uba menjelaskan, hasil penampungan dari UPZ Desa/Kelurahan 90% akan didayagunakan di UPZ desa/kelurahan yakni 77,5 % untuk fakir miskin, dengan alokasi bantuan untuk konsumtif Hari Raya Idul Fitri dan sebagiannya diusahakan untuk modal produktif.

Sementara, 10% untuk amilin operasional desa/kelurahan, termasuk amilin di sub UPZ Dusun/Lingkungan, Pesantren, DKM dan lain-lain. Sedangkan 2,5% untuk fisabililah desa/kelurahan.

Sisa hasil pemungutan zakat, 10 persen disetorkan ke BAZ kecamatan dengan alokasi 2,5% untuk amilin/operasional BAZ kecamatan dan 2,5% untuk fisabililah BAZ kecamatan. Sebesar 5% oleh BAZ kecaamatan disetorkan ke BAZ kabupaten yang akan dialakasikan 2 % untuk amilin/operasioal BAZ kabupaten dan 3% fisabililah.* (jun/km)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: