Kuningan Akan Bangun Kampung Wisata Budaya Sunda

KUNINGANMEDIA | Sabtu, 04 Februari 2012 18:25
Bagikan ke Facebook

KARAMATMULYA : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kuningan, kini tengah mendata kembali potensi wisata budaya. Hal itu dilakukan dalam upaya menggali dan mengembangkan potensi wisata budaya dalam mewujudkan Kuningan sebagai gerbang wisata budaya Sunda.

Kepala Disparbud Kabupaten Kuningan Teddy Suminar mengatakan, untuk tahap awal pihaknya mempunyai keinginan membangun Kampung Wisata Budaya Sunda di Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur. Di daerah ini akan dibangun beberapa rumah adat Sunda, pusat kerajinan dan fasilitas lainnya yang erat kaitannya dengan kebudayaan Sunda.

Menurut Teddy, wilayah Kecamatan Cigugur sangat potensial dalam pengembangan wisata budaya. Selain didukung potensi yang sudah ada seperti cagar budaya Gedung Paseban Tri Panca Tunggal di Kelurahan Cigugur, Taman Purbakala Cipari di Kelurahan Cipari, juga banyak lagi potensi budaya lainnya yang perlu dikembangkan.

“Untuk membangun Kampung Budaya Sunda, pernah dilontarkan pak bupati. Beliau mempunyai keinginan Kuningan menjadi gerbang wisata budaya Sunda,” kata Teddy Suminar, kepada kuninganmedia.com, Jumat (3/1).

Dalam pelaksanaanya, sambung Teddy, pihaknya akan bekerjasama dengan berbagai pihak, terrmasuk Kelompok Penggerak Pariwisata. Yang sedang dijajaki yakni rencana membangun museum di sekitar Palutungan Cisantana Cigugur. (jun/kuninganmedia.com)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: