Lumpur Ciniru Akibat Mata Air Tersumbat

KUNINGANMEDIA | Selasa, 07 Desember 2010 16:45
Bagikan ke Facebook

CINIRU : Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan (SDAP) Kabupaten Kuningan, Ir. D. Rusliadi, M.Si, mengharapkan masyarakat Kampung Ciuyah Desa/Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, tidak resah terkait dengan kejadian semburan lumpur di blok Ciuyah sekitar perkampungan tersebut.

Pihaknya telah mengambil beberapa langkah untuk mengkaji lebih jauh terkait munculnya fenomena alam tersebut. Selain melakukan konsultasi dengan pihak propinsi, juga lembaga lain yang erat kaitannya dengan hal tersebut.

“Kami harap masyarakat tidak resah, karena lumpur itu muncul bukan dari perut bumi, melainkan dari bagian tanah bekas urugan yang di dalamnya ada sumber air,” kata Rusliadi, Selasa (7/12).

Menurut Rusliadi, di sekitar lokasi semburan lumpur blok Ciuyah terdapat beberapa titik mata air panas yang mengandung yodium, berpotensi untuk penyembuhan penyakit kulit.

“Jauh sebelumnya lokasi ini sudah diteliti oleh pihak ITB, ternyata mengandung kadar garam namun tidak layak untuk dikonsumsi,” jelas dia. (KM-03)*

Komentar (1)

NG
Semoga saja benar tidak membahayakan lingkungan dan manusia, dan semoga Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan (SDAP) Kabupaten Kuningan, Ir. D. Rusliadi, M.Si telah bicara jujur bahwa semburan lumpur Ciniru akibat mata air tersumbat.

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: