Kuningan Miliki Potensi Panas Bumi 260 MWe

KUNINGANMEDIA | Jum'at, 05 November 2010 16:06
Bagikan ke Facebook

KARAMATMULYA : Kabupaten Kuningan memiliki potensi panas bumi (geotermal) sebesar 260 MWe. Potensi itu berada di tiga titik kawasan kaki Gunung Ciremai, yang tahun ini direncanakan menjadi lokasi Pembangkit LIstrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).

Ke-tiga titik lokasi potensi sumberdaya panas bumi itu diantaranya di Desa Pajambon Kecamatan Karamatmulya, Desa Sangkanhurip Kecamatan Cilimus dan Desa Ciniru Kecamatan Jalaksana.

“Pertambangan panas bumi ini telah disurvey oleh ITB yang cocok dan ramah dengan lingkungan. Ini sesuai dengan Kuningan sebagai kabupaten konservasi. Kalau ramah dengan lingkungan Saya sangat setuju tapi kalau Kuningan dijadikan sebagai daerah industri Saya tidak setuju,” papar Bupati Kuningan H.Aang Hamid Suganda didampingi Kepala Dinas Sumber Daya Alam dan Pertambangan (SDAP), Ir.H.Rusliadi M.Si., selepas membuka sosialisasi pemanfaatan panas bumi pada masyarakat sekitar wilayah calon lokasi PLTP di Desa Ragawacana Kecamatan Karamatmulya, Kamis (4/11/2010).

Keinginan tersebut nampaknya akan disambut Kuningan dan proses tender yang melibatkan pihak ke-tiga (investor) akan segera diselesaikan dalam waktu dua bulan, sehingga pada 2011 WKP untuk PLTP Gunung Ciremai benar-benar sudah final dan tinggal meyakinkan masyarakat jika pertambangan PLTP tersebut aman untuk lingkungan warga sekitarnya. (KM-02)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: