Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kirimkan Pompa Air

KUNINGANMEDIA | Jum'at, 15 Oktober 2010 09:56
Bagikan ke Facebook

DARMA :Sebanyak 20 pompa air dipinjamkan Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kuningan untuk menstabilkan sirkulasi air Waduk Darma setelah matinya ikan mas sebanyak 41, 2 ton beberapa pekan lalu.

Keterangan yang diperoleh kuninganmedia.com, ikan mas yang mati mendadak pada beberapa pekan yang lalu mengejutkan sekitar 33 petani yang mengelola jaring apung tersebut. Jaring apung itu tersebar di Desa Jagara dan Desa Cipasung dengan total petak sekitar 720 titik.

“Sekarang Kami sudah mengirimkan 20 pompa air untuk membantu kelancaran sirkulasi air yang ada di Waduk Darma. Dari kalkulasi perikanan, kerugian itu mencapai Rp 600juta atau dibawah 5 persen dari total panen setiap tahunnya yang mencapai 1.500 ton,” ujar Dindin Koswara, Kabid Perikanan, Kamis (14/10).

Matinya ikan mas milik masyarakat Darma tersebut menurut Dindin bukan dikarenakan virus atau penyakit, tapi lebih dikarenakan faktor cuaca ekstrem yang begitu hebat sehingga menyebabkan ikan-ikan di jaring apung itu tidak stabil lagi. Sirkulasi air saat itu tidak normal, H2x dan Amuniak menyebabkan ikan-ikan kehilangan oksigen (O2).

“Upwelling (perputaran) air dari dasar Waduk ke permukaan mati, sehingga oksigen tidak ada yang bisa dihirup ikan, ditambah sinar matahari waktu itu benar-benar buruk,” tandas Dindin. (KM-02)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: