Satpol PP Segel Tempat Ibadah Ahmadiyah

KUNINGANMEDIA | Rabu, 28 Juli 2010 18:35
Bagikan ke Facebook

JALAKSANA : Lebih dari 100 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan, dengan mendapat pengawalan khusus jajaran Polres Kuningan, Brimob dan TNI akhirnya berhasil menyegel delapan sarana ibadah Jemaah Ahmadiyah di Desa Manislor, Kecamatan Jalaksana, Rabu (28/7) sekitar pukul 06.00 Wib.
Keterangan yang berhasil dikumpulkan kuninganmedia.com, saat Satpol PP yang ditugaskan Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda bersama Bakorpakem dan MUI menyegel tempat ibadah pada Rabu pagi itu tidak ada perlawanan. Sejumlah anggota Satpol PP itu serentak dibagi tugas untuk menyegel delapan tempat ibadah dalam waktu bersamaan.
“Penyegelan bersama. Jadi seluruh personel Satpol PP dibagi didelapan tempat, satu Masjid dan tujuh Mushola. Selesainya pun hampir bersamaan, itu ditujukan untuk menghindari amukan massa,” papar Kepala lantor Satpol PP Kuningan, Indra Purwantoro.
Namun ketika penyegelan dengan memasang kayu dan gembok itu sedang berjalan sekitar satu jam lebih dan hampir selesai, lanjut Indra, beberapa jemaah langsung melakukan tindakan dengan memukul kentongan sebagai tanda pemanggilan kepada jemaah lainnya.
Spontan ribuan massa Ahmadiyah langsung berkumpul dan menyerang aparat keamanan dengan menggunakan benda keras dan senjata tajam.
Amukan massa pun tidak dapat dielakkan, bahkan aksi saling dorong dan lempar batu terus menghujani aparat kemanan, sehingga terpaksa ratusan personel keamanan itu manarik mundur sambil menembakan gas air mata.
Situasi semakin memanas dan sulit diredakan, akhirnya Kasatpol PP memerintahkan seluruh pasukan supaya berbalik arah dan meninggalkan lokasi.
“Saya langsung perintahkan semua personel untuk berbalik arah. Tapi syukur semua anggota tidak ada yang terluka, dan semua tempat ibadah berhasil disegel,” ujar Indra. (KM-03)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: