Terdakwa kasus Korupsi dituntut 1,6 tahun Penjara

KUNINGANMEDIA | Senin, 28 Juni 2010 17:37
Bagikan ke Facebook

KUNINGAN : Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kuningan menuntut 1,6 tahun penjara kepada terdakwa kasus korupsi penunjang Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD 2007 Kuningan, YN yang digelar beberapa hari lalu.

Dari keterangan yang diperoleh kuninganmedia.com, Senin (28/6), melalui Penasehat Hukumnya, terdakwa tetap pada keinginan pertamanya, yakni menjerat beberapa tersangka lainnya yang terlibat dalam kasus tersebut.

“Kita akan tetap berusaha mencari bukti lain dan bisa menangkap pelaku lainnya yang terlibat dalam kasus ini. Karena Saya tekankan sekali lagi, ia hanyalah korban, bukan pelaku tunggal. Pihak kepolisian harus lebih jeli atas dugaan-dugaan yang berkembang dalam sidang pemeriksaan saksi, karena banyak kejanggalan dalam keterangan yang dibeberkan sebagian saksi, terutama pejabat yang berwenang dalam keputusan pengelolaan DAK 2007 tersebut,”ujar Penasehat Hukum, Besoes, kepada wartawan.

Berbeda yang dituturkan sejumlah pemerhati di Kuningan, tuntutan terhadap terdakwa YN dinilai sangat meringankan. Vonis yang dijatuhkan kepada terdakwa, nantinya justru akan lebih ringan ketimbang dari tuntutan, setelah dikurangi masa tahanan, maka vonis yang dijatuhkan bisa kurang dari satu tahun kurungnan penjara.

“Susah kalau semua dilibatkan melalui jalur politik. Saya melihat, kasus ini lekat dengan unsur politiknya. Bisa saja, ia (YN), hanya dijadikan korban, karena pelaku sebenarnya bukan dia. Untuk menyelamatkannya, diberikanlah ia hukuman yaang ringan, dan Majelis Hakim sengaja dikaburkan keutusannya melalui keterangan saksi yang cukup berbelit dan susah dicari akar permasalahannya,” ujar Abdullah, salah seorang pemerhati politik Kuningan.

Seperti diketahui, terdakwa YN dijerat dengan UU No. 31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi. Terdakwa YN dinilai telah merugikan negara senilai Rp 379 juta dari dana pendamping APBDnya sebesar Rp608juta. Bersama stafya, AD, YN menggunakan dana penunjang tersebut untuk kepentingan pribadinya. (KM-03)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: