Anggaran Perbaikan Rumah Terdampak Bencana Tahun 2022

KUNINGANMEDIA | Selasa, 15 Maret 2022 05:48
Bagikan ke Facebook
KM
Polsek Kadugede Bantu Bangun Kembali Rumah Ustadz Mahyo [Foto: Humas Polres Kuningan]

PEMERINTAH Kabupaten Kuningan, menyediakan anggaran bantuan perbaikan rumah terdampak bencana sebesar Rp 600 juta . Jumlah dana tersebut, yaitu dana yang disediakan untuk perbaikan sebanyak 60 unit rumah yang terkena bencana dalam enam bulan pertama tahun 2022.

Rumah warga yang terkena bencana jumlahnya banyak. Namun, pemerintah daerah memprioritaskan perbaikan rumah yang tingkat kerusaknnya parah, dan memenuhi kriteria layak dibantu. Bantuan perbaikan rumah tersebut, bukan dalam bentuk uang, tapi dalam bentuk barang atau bahan bangunan sesuai kebutuhan yang diajukan pemerintah desa.

Hal itu berdasarkan survei lapangan dengan beberapa lembaga pemerintah desa, daerah terdampak bencana. Kebutuhan material untuk perbaikan rumah terdampak bencana tersebut, di satu desa dengan desa lainnya berbeda-beda.

Misalnya ada yang butuh pasir, bata merah, semen, bambu, kayu, baja ringan. Bantuan perbaikan rumah terdampak bencana masing-masing penerima manfaat sebesar Rp.10 tersebut, merupakan dana stimulan. Soalnya jika hanya mengandalkan dana tersebut tidak akan cukup untuk perbaikan rumah dengan tingkat kerusakan parah, apalagi roboh.

Jika rusaknya ringan, rumah yang terdampak bencana itu diperbaiki masing-masing pemiliknya, dibantu oleh pemerintah dan masyarakat desa. Tingkat gotong-royong masyarakat Kuningan masih tinggi. Mereka membantu warga lain yang rumahnya terkena bencana. Ada yang memberikan bantuan berupa material, banyak pula yang menyumbang tenaga. ***

Sumber : Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Kuningan.

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: