Peradaban Masyarakat Desa Kutakembaran

KUNINGANMEDIA | Kamis, 10 Februari 2022 08:50
Bagikan ke Facebook
KM
SN1644457567.jpg [Foto: ]

SALAH satu warga asal Desa Kutakembaran, Kecamatan Garawangi, Dadang Suhendar, menulis dalam grup facebook Wargi Kutakembaran. Judulnya Peradaban Masyarakat Desa Kutakembaran. Ia mengabarkan sekilas kondisi Kutakembaran dulu dan kini.

Sebagai admin di grup tersebut, ia memberikan kesempatan kepada anggota grup untuk menulis di dinding grup atau dalam kolom komentar terkait Kutakembaran, pengalaman dan hal lainnya.

Jalan Desa

1. Dibuka jalan roda 4 (mobil) dari Pakembangan-Kopocondong Thn 1980an (saya kelas 2 SD). Mulai ada kendaraan roda 2 dan 4.

Pamekaran

2. Mekar dari desa induk Pakembangan Thn 1984 (lulus SD). Pembangunan infrastruktur/fasilitas umum.

Listrik Masuk Desa

3. Listrik masuk desa sekitar Thn 1996an dan menjamurnya penggunaan parabola (lulus sarjana). Menikmati hiburan tontonan televisi secara leluasa.

Sinyal Seluler

4. Pengaruh sinyal tower operator seluler Thn 2000an hingga sekarang. Berinteraksi lewat HP/internet antara family atau temen.

Pandangan
5. Masa yg akan datang (wallahu a'lam), entah akan terealisasi generasi keberapa. Pembangunan jembatan penghubung antara Desa Kutakembaran-Cikahuripan (Kutahurip) dan destinasi wisata Lamping Buligir. Kalau terealisasi akan mengubah peradaban dan terciptanya potensi sumber ekonomi baru.* (Dadang Suhendar)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: