Bantuan Rutilahu Perkotaan Melibatkan Swadaya Masyarakat

KUNINGANMEDIA | Sabtu, 10 April 2021 11:00
Bagikan ke Facebook
KM
Sosialisasi Bantuan Perbaikan Rutilahu Perkotaan, di Kel. Cigadung, Kec. Cigugur, beberapa hari lalu. [Foto: AM]

SEBANYAK 135 rumah tidak layak huni (rutilahu) di 9 desa/kelurahan wilayah Kecamatan Kuningan, Kecamatan Cigugur dan Kecamatan Kramatmulya, tidak lama lagi  akan mendapat perbaikan. Tahun ini Kabupaten Kuningan mendapat kucuran  Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah RI sebesar Rp.2,7 milyar untuk perbaikan rutilahu tersebut.

Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Kuningan, Drs. Asep Suryaman, M.Si.,  sejumlah rumah yang  mendapat perbaikan  di 9 desa 3 kecamatan itu masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp.20 juta yang akan ditransper melalui rekening masing-masing penerima bantuan termasuk penentuan materialnya.

Dana sebesar itu, diantaranya dialokasikan untuk material Rp. 17m5 juta dan HOK 2,5 juta. Diharapkan memacu swadaya masyarakat di daerah penerima bantuan tersebut.

“Dana bantuan ini masuk melalui rekening masing-masing penerima bantuan. Kami dari dinas bersama fasilitator kementerian dan fasilitator propinsi punya  kewajiban untuk melakukan pengawasan,” kata Asep Suryaman.

Menurut Asep,  dana bantuan perbaikan rutilahu  perkotaan   berbeda dengan bantuan rutilahu propinsi. Selain beda besaran yang diterima oleh penerima bantuan, bantuan rutilahu perkotaan sifatnya stimulan.

“Yang terpilih mendapat bantuan ini, karena ada swadaya masyarakatnya. Jika tidak ada swadaya masyarakatnya, mohon maaf kami akan mencoret atau menganulir,” ujarnya. (AM)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: