Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan

KUNINGANMEDIA | Rabu, 25 November 2020 12:47
Bagikan ke Facebook
KM
Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan [Foto: Ajun]

DI Kabupaten Kuningan kini telah terbentuk Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan. Setelah dilantik kepengurusannya, Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan menggelar rapat Kerja di Wisma Permata Kabupaten Kuningan yang dibuka oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Selasa, (24/11/2020).

Terbentuknya Dewan Kebudayaan Kuningan berdasarkan Peraturan Bupati Kuningan Nomor 62 Tahun 2020, sebagai mitra utama pemerintah daerah untuk melestarikan, melindungi, mengembangkan serta memanfaatkan kebudayaan di daerah sebagai pilar perubahan tata pikir, sikap dan tindakan masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Drs. H. Uca Somantri, M.Si., didampingi Kepala Bidang Kebudayaan, Emup Muplihudin, S.Pd.,  mengatakan Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan merupakan lembaga kebudayaan daerah yang bersifat non struktural dan independen, sebagai penggerak pembangunan bidang kebudayaan dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kabupaten Kuningan.

“Dewan Kebudayaaan Kabupaten Kuningan punya tugas memberikan masukan atau usulan mengenai kebijakan dan strategi kebijakan kebudayaan yang berorintasi pada peningkatan kualitas dan jati diri masyarakat,” kata Uca Somantri.

Selain itu, sambungnya, menyusun dan merumuskan strategi kebijakan kebudayaan yang berorientasi pada peningkatan kualitas dan jati diri masyarakat, mengidentifikasi dan mengembangkan kebudayaan yang dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pelestarian dan pengembangan serta pemanfaatan kearifan budaya daerah (kearifan lokal).

Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., M.H,, mengharapkan dengan terbentuknya Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan mampu memberikan warna baru  dalam upaya memajukan pembangunan khususnya kebudayaan daerah.

“Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan sebagai lembaga mitra pemerintah, diharapkan mampu menggerakan kebudayaan daerah yang mempunyai ciri khas. Dalam bahasa Sunda ada istilah ulah Jati ka Kasilih ku Junti yang mengandung makna kebudayaan daerah jangan tergeser oleh kebudayaan luar,” kata Acep Purnama.

Ketua Umum Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Dr. Uhar Suharsaputra, menerangkan pengurus dan kelengkapan Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan terbentuk pada tanggal 17 September 2020, di Gedung Kesenian Raksa Wacana Kuningan.

Sebagaimana dalam Surat Keputusan Ketua Dewan Kebudayaan Kuningan Nomor 03/DKbH/IX/2020 Tentang Susunan Pengurus, Kelengkapan Kelembagaan (Komisi-komisi), dan Perwakilan Wilayah Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Periode 2020-2025, kepengurusan Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan mempunyai tugas diantaranya melaksanakan kegiatan Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Selain itu melaksanakan kegiatan Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan sesuai dengan rencana kerja yang telah dirumuskan oleh komisi dan perwakilan wilayah, merumuskan kerangka kerja bidang kebudayaan dalam pembangunan Kabupaten Kuningan, mengidentifikasi, melestarikan, dan mengembangkan kebudayaan daerah, sesuai dengan kearifan lokal serta melakukan pembahasan tentang berbagai aspek kebudayaan yang terdapat di Kabupaten Kuningan. (AM)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: