Zakat Untuk Kesejahteraan Masyarakat

KUNINGANMEDIA | Ahad, 22 Desember 2019 07:39
Bagikan ke Facebook
KM
Zakat Untuk Kesejahteraan Masyarakat [Foto: Ajun]

POTENSI zakat di Kabupaten Kuningan cukup besar, mencapai kurang lebih Rp130 milyar Zakat Infak Sodakoh (ZIS) masyarakat kurang lebih Rp114 milyar dan ZIS PNS kurang lebih Rp116 milyar. Ketua Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Kuningan, H. Encu Sukat, mengatakan potensi zakat itu baru direalisasikan sekitar 15,11% yaitu zakat masyarakat baru mencapai kurang lebih Rp17 miliar dan ZIS PNS/profesi mencapai kurang lebih Rp20 milyar.

Menurutnya, angka itu dihitung berdasarkan jumlah penduduk Kabupaten Kuningan 1. 32.483 jiwa, diantaranya penduduk Muslim 1.125.555 jiwa, asumsi jumlah yang membayar zakat 1% dari jumlah penduduk Muslim (Sumber Data BPS Kabupaten Kuningan 2016).

“Masih banyak potensi yang harus digali untuk mengoptimalkan pendayagunaan dan penyaluran zakat. Untuk itu saat ini memanfaatkan hasil zakat secara efektip dan efisien,” kata Encu Sukat. .Dalam upaya menggal potensi zakat, perlu upaya serta dukungan dari berbagai pihak masyarakat termasuk pemerintah daerah, alim ulama, tokoh masyarakat serta steakholder lainnya, sahingga hasilnya lebih baik untk kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu dalam rangka menggali potensi zakat Baznas Kabupaten Kuningan ingin memberikan manfaat untuk masyarakat melalui pendistribusian dan pendayagunaan zakat,” kata ceuk Encu Sukat, saat menyerahkan bantuan bagi yang berhak menerimanya, di Aula Baznas Kabupaten Kuningan, belum lama ini.

Bantuan yang secara simbolis diserahkan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, itu berupa 20 unit gorobag dorong untuk pedagang makanan, kursi roda dan bantuan untuk rehabilitasi 13 rumah tidak layak huni (Rutilahu).

Dalam rangka mendukung visi pembangunan Kabupaten Kuningan MAJU ( Mamur Agamis Pinunjul) Berbasis Desa, jauh sebeumnya Baznas Kabupaten Kuningan telah meluncurkan lima program yaitu Kuningan Peduli, Kuningan Sehat, Kuningan Cerdas, Kuningan Makmur dan Kuningan Takwa.

Melalui program kasebut diharapkan bisa menunjang kesejahteraan masyarakat, bisa mewujudkan masyarakat Kabupaten Kuningan yang Mamur Agamis Pinunjul, selaras dengan visi pembangunan Kabupaten Kuningan itu.

Sementara, Bupati Kuningan H. Acep Purnama bangga atas upaya yang dilakukan Baznas Kabupaten Kuningan dalam mengelola zakat yang baik, bahkan tahun ini Baznas kabupaten Kuningan mendapat Anugerah Zakat Award Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat.

“Semoga kedepan Baznas Kabupaten Kuningan mampu meningkatkan perannya lebih baik,” kata Acep. (AM)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: