SDN Cijoho

Sehari Tanpa Jajan

KUNINGANMEDIA | Sabtu, 30 November 2019 16:43
Bagikan ke Facebook
KM
Lingkungan SDN Cijoho, di Kel. Cijoho, Kec/Kab. Kuningan [Foto: Ajun]

BANYAK cara untuk mengembangkan karakter murid di lingkungan sekolah, seperti dilakukan di SDN Cijoho, Kelurahan Cijoho, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan. Sekoah ini menerapkan cara yang sederhana yaitu melalui program sehari tanpa jajan.

Program ini banyak manfaat untuk mengembangkan karakter anak, karena program ini telah melahirkan kebiasaan baik terhadap berkembangnya karakter murid. Bukan hanya terkait soal ekonomi, tetapi berdampak pula terhadap sosial dan budaya.

Kepala Unit Pendidikan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Kuningan, Drs. Abidin, M.Pd., mengatakan program Sehari Tanpa Jajan di SDN Cijoho boleh dibilang salah satu media untuk mengembangkan karakter murid.

“Saat istirahat murid-murid berkumpul, mereka makan bersama, saling menukar makanan yang dibawa dari rumahnya masing-masing. Itu pun tidak semua murid, karena mereka bergiliran berdasarkan jadwal yang dibuat oleh pihak sekolah,” papar Abidin.

Sebelum makan mereka sudah biasa melakukan makan yang baik, karena sebelumnya sudah dibina oleh para guru mengenai tata cara makan yang baik. Murid-murid SDN Cijoho sudah biasa membaca do’a sebelum makan, begitu pula setelah selesai makan.

Tidak hanya itu, murid-murid sekolah yang meraih Juara III Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional itu sudah biasa membereskan dan membersihkan peralatan makan setelah makan bersama di sekolah itu.

Menurut Abdidin, peran orang tua murid SDN Cijoho sangat mendukung atas kegiatan tersebut. Bahkan tak hanya itu, orang tua mendukung terhadap berlangsungnya kegiatan pendidikan lain termasuk sarana pendidikan, contohnya mushola yang dibiayai secara swadaya orangtua murid. (AM)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: