BI Cirebon Sebar Uang Baru Serap Uang Lusuh

KUNINGANMEDIA | Kamis, 21 November 2019 18:20
Bagikan ke Facebook
KM
Petugas Bank Indonesia sedang melayani penukaran uang [Foto: Ajun]

BI Cirebon Sebar Uang Baru Serap Uang Lusuh KANTOR Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, menyerap uang lusuh mencapai....Rp.1,5 miliar pada kegiatan Grebeg Pasar 2019, di Pasar Baru Kabupaten Kuningan, Kamis, (21/11/2019).

Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Yukon Afinaldo, mengatakan kegiatan bertajuk “Gerakan Rupiah Keren, Sebar Uang Baru Serap Uang Lusuh (Grak Saur Sepuh), sebagai inovasi untuk mengkolaborasi kegiatan Edukasi/Sosialisasi, Penukaran Uang, Perlombaan dan Hiburan menjadi satu buah acara yang menarik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Menurutnya, kegiatan Grebeg Pasar 2019 itu sebagai upaya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon untuk melaksanakan amanat Undang-Undang No. 7 tahun 2011 tentang Mata Uang yaitu melakukan kegiatan Edukasi dan Sosialisasi tentang Ciri-Ciri Keaslian Uang sekaligus melaksanakan kegiatan Clean Money Policy berupa Penukaran Uang dalam rangka memenuhi kebutuhan uang kartal di masyarakat baik dalam nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dan kondisi yang layak edar. langsung ke para pedagang di Pasar Baru Kuningan untuk menerima penukaran uang lusuh diganti dengan uang baru.

Dalam kesempatan itu juga Bapak Bupati dalam sambutannya meminta kepada masyarakat terutama pedagang agar dapat memanfaatkan momen langka ini agar menukarkan uang lusuh ke Bank Indonesia serta lebih telilti lagi dalam menerima uang pada setiap transaksi agar dapat terhindar dari peredaran uang palsu. Bapak Bupati mengajak masyarakat bela Negara tanpa senjata dengan cara merawat uang rupiah.

Jumlah uang lusuh yang berhasil diserap di acara grebeg pasar sejumlah Rp.1.200.000.000,00. Selain itu juga, dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pengenalan kepada masyarakat mengenai peran dan tujuan Bank Sentral di Indonesia. Tidak hanya edukasi dan sosialisasi mengenai uang rupiah tapi juga dilakukan edukasi pembayaran non tunai yang merupakan inovasi Bank Indonesia dalam bidang inklusi keuangan digital yang kita kenal dengan Gerakan Nasional Non Tunai dan QR Code Indonesia Standar (QRIS).

Pelaksanaan Grebeg Pasar 2019 di Kabupaten Kuningan ini merupakan kegiatan Grebeg Pasar perdana yang dikemas dalam bentuk rangkaian kegiatan edukasi, penampilan kesenian daerah, penampilan perlombaan dan hiburan modern. Kegiatan itu tidak hanya memberikan pengetahuan tentang peran dan tugas Bank Indonesia semata, namun juga memberikan pemahaman kepada masyarakat arti sebuah sirkulasi perekonomian daerah, kreatifitas kesenian daerah dan pentingnya koordinasi antar instansi untuk menciptakan suatu perubahan yang dapat dirasakan oleh masyarakat secara umum.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan ada pemahaman serta kepedulian masyarakat terhadap perilaku merawat uang rupiah yang baik, koordinasi antar institusi bisa terjaga terutama dalam upaya menciptakan generasi muda yang aktif ikut membangun mindset bahwa rupiah adalah simbol kedaulatan negara yang wajib dijaga.

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: