Sekolah Kader Partisifatif Untuk Menjalin Komunikasi Pengawasan Pemilu

KUNINGANMEDIA | Selasa, 19 November 2019 08:58
Bagikan ke Facebook
KM
Suasana acara pembukaan Sekolah Kader Partisifatif di Aula Hotel Ayong.M Desa Linggajati, Kecamatan Cilimus, Senin, (18/11/2019).P [Foto: Dok. Bawaslu Kab. Kuningan]

SETELAH berhasil menjaring calon siswa Sekolah Kader Partisifatif, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kuningan, mulai 18-22 November 2019 mendidik siswa kader pengawasan partisifatif, di Aula Hotel Ayong. Jalan Bojong-Linggajati Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus.

Mereka siswa Sekolah Kader Partisifatif yang telah lolos dalam seleksi administrasi maupun wawancara, dibekali ilmu pengetahuan khususnya mengenai pengawasan pemilu. Diantaranya pendidikan pengawasan pemilu, pencegahan pelanggaran dan hal lain terkait kepemiluan.

Sekolah kader partisifatif ini sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam melakukan pengawasan pemilu. Ia mengharapkan, setelah selesai mengikuti pendidikan para peserta mampu menjadi sukarelawan pengawas dalam pemilu serta agen pengawas pemilu guna meningkatkan nilai demokrasi pada pemilu yang akan datang.

“Kami mengharapkan selama mengikuti pendidikan agar sungguh-sungguh, sehingga mampu menyerap ilmu dengan baik yang nantinya bisa ditularkan di lingkungan masyarakat,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Kuningan, Ondin Sutarman., S.IP, saat membuka acara itu, Senin, (18/11/2019).

Kepala Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif Abdul Jalil Hermawan, M.Ikom, mengatakan, tujuan pengawasan partisipatif adalah untuk mencegah terjadinya konflik, mendorong partisipatif publik, membentuk karakter dan kesadaran politik masyarakat, serta menjadikan Pemilu bermartabat dan berintegritas.

“Oleh karena itu, kami mengharap masyarakat Kabupaten Kuningan ikut berperan mensukseskan setiap pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu yang akan datang. Dengan dilaksankannya Sekolah Kader Partisipatif dapat terjalin komunikasi yang baik dalam melakukan pengawasan pemilu,” kata Jalil.

Sementara itu komisioner Bawaslu Jawa Barat, Lolly Suhenty yang memberikan materi dalam kegiatan tersbut berpesan. Kader kader pengawasan akan memberikan dampak positif dalam menjaga jalannya pesta demokrasi yang akan datang. Peningkatan peran aktif masyarakat dalam melakukan pesta demokrasi harus dilaksanakan dengan sebaik baiknya, terlebih saat ini adalah jaman milenial dimana semua isu sangat cepat beredar di masyarakat. (AM)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: