Menengok Pembangunan Perumahan Swadaya

KUNINGANMEDIA | Ahad, 13 Oktober 2019 19:09
Bagikan ke Facebook

SEJUMLAH rumah tidak layak huni (Rutilahu) di beberapa desa di Kabupaten Kuningan, kini  sedang direhabilitasi melaluii  program pemerintah Kabupaten Kuningan maupun Program Pemerintah RI yaitu program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Bantuan Stimulan  Perumahan Swadaya yang digelontorkan melalui Kementerian Perumahan Rakyat, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan rumah yang layak huni bagi masyarakat dan pemenuhan rumah yang sehat agar mampu meningkatkan kualitas rumah yang baik dan aman.

Pada tahun 2019 ini ada sebanyak 300 rumah tidak layak huni yang tersentuh program BSPS. Setelah menerima buku tabungan masing-masing warga warga yang mendapat bantuan melakukan proses pembangunan dengan mendapat binaab dari Dinas Perumahan dan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Kuningan. Bahkan mendapat pantauan langsung dari pimpinan daerah

Seperti dilakukan Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda yang,  meninjau proses rehabilitasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) menjadi rumah layak huni, melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) ) di Desa Kaduagung, Kecamatan Sindangagung,  Kamis,  (10/10/2019) lalu.

Ada 20 rumah tidak layak huni di Desa Kaduagung yang kini sedang direhab melalui program  BSPS itu yaitu di Dusun Pahing, Dusun Manis dan Dusun Puhun.  Program itu disambut baik oleh masyarakat di desa tersebut.

Ridho mengatakan  Pemerintah Kabupaten Kuningan  akan konsen membantu warga  dalam perbaikan rutilahu. Diharapkan masyarakat turut membantu dengan cara  gotong royong, sehingga dalam pelaksanaannya bisa berjalan lancar, hasilnya bermanfaat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Alhamdulillah melalui upaya kerja bersama bantuan program BSPS terasa manfaatnya oleh masyarakat, Atas nama  pemerintah daerah saya menghaturkan terima kasih kepada pemerintah melalui Kementerian PUPR RI yang telah memberikan bantuan program BSPS serta selamat kepada para penerima bantuan,” papar Ridho.

Sementara, di tempat terpisah  Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, mengatakan  program BSPS merupakan salah satu bentuk kepekaan pemerintah kepada masyarakat untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat guna memenuhi kebutuhan dasar hidup yaitu rumah layak huni.

“Pemerintah daerah ingin mewujudkan membangun masyarakat yang sejahtera lahir batin.Untuk itu program BSPS di Kabupaten Kuningan harus  tepat sasaran, sehingga berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Acep Purnama.*

 

 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: