Tampung Air Saat Pendistribusian Air PDAM Lancar

KUNINGANMEDIA | Rabu, 17 Juli 2019 15:00
Bagikan ke Facebook
KM
Tampung Air Saat Pendistribusian Air PDAM Lancar [Foto: ]

UNTUK mengantisipasi kekurangan pasokan air bersih akibat menurunnya debit air di beberapa sumber air terutama pada musim kemarau, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan melakukan langkah alternatif dalam memberikan pelayanan kepada para konsumen.

Kepala Divisi Pelayanan dan Pemasaran PDAM Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan, Anto Rianto, mengatakan ada beberapa langkah yang kini sedang ditempuh oleh PDAM Tirta Kamuning. Diantaranya menyiapkan distribusi air melalui mobil tanki serta menyiapkan cadangan air dengan membangun sumur artesis.

Ia menjelaskan, dalam memberikan pelayanan pendistribusian air melalui mobil tangki pihaknya akan fokus dengan memprioritaskan daerah layanan PDAM Tirta Kamuning yang benar-benar tidak terjangkau aliran air melalui pipa jaringan PDAM.

“Tidak semua daerah layanan PDAM mendapat pelayanan melalui mobil tangki, kami akan fokus bagi daerah layanan yang tidak terjangkau pendistribusian air melalui pipa PDAM,” ujar Anto, didampingi Asep Aro, pegawai fungsional Sub Divisi Kesekretariatan PDAM Tirta Kamuning.

Ada beberapa wilayah layanan PDAM Tirta Kamuning yang rawan air pada musim kemarau. Diantaranya wilayah Cirendang, Ciawigebang, Cidahu dan Wilayah Kecamatan Japara. Dan wilayah layanan Cirendang, yang saat musim kemarau biasanya sulit dalam pendistribusian air karena faktor teknis. Terkait soal upaya membangun sumur artesis, menurut Anto, itu membutuhkan proses waktu yang cukup lama, termasuk soal pengurusan perizinan yang membutuhkan izin dari pemerintah propinsi serta menyangkut teknis lainnya.

“Sebenarnya kami telah mengambil langkah-langkah strategis, satu diantaranya membangun sumur artesis sebagai sumber air cadangan pada saat musim kemarau. Namun prosesnya cukup panjang,” paparnya. PDAM Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan memahami kendala yang biasa dialami oleh konsumen terutama pada saat musim kemarau.

Menurunnya debit air di beberapa sumber air menyebabkan tidak lancarnya pendistribusian air. Untuk menghindari hal tersebut, Anto menyarankan agar konsumen melakukan persiapan saat pendistribusian air PDAM lancar yakni dengan menampung air memanfaatkan tempat air seperti bak air, ember, tangki air (toren) dan tempat penampungan air lainnya.

“Hal ini penting agar tidak terlalu kesulitan mendapat air, saat pendistribusian air layanan PDAM mengalami gangguan,” imbuhnya. .AM***

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: