Bursa Inovasi Desa Inspirasi Bagi Kepala Desa

KUNINGANMEDIA | Sabtu, 13 Juli 2019 17:34
Bagikan ke Facebook
KM
Bursa Inovasi Desa Inspirasi Bagi Kepala Desa [Foto: Dok. TIK Kab. Kuningan]

SEJUMLAH kepala desa dari tujuh kecamatan yang merupakan zona II Kabupaten Kuningan, antusias mengikuti Bursa Inovasi (BID), di Gedung Serbaguna Desa Garawangi, Kecamatan Garawangi, Sabtu (13/7/2019). Ke-tujuh kecamatan itu meliputi Kecamatan Garawangi, Kuningan, Cigugur, Kramatmulya, Sindangagung, Ciniru dan Kecamatan Hantara.

Mereka didampingi TIK, TPID pendamping desa melakukan konsultasi dengan sejumlah Penyedia Pelayanan Kapasitas Desa (P2KTD), sebelum menyerahkan kartu komitmen dan inovasi desa kepada panitia BID sebagai acuan dalam pelaksanan kegiatan inovasi desa pada tahun 2020 mendatang.

Sebelumnya, mereka menerima arahan dari Tim Inovasi Kabupaten (TIK) termasuk Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan, Drs. Deniawan, M.Si., yang saat itu berkenan membuka acara tersebut.

Ketua Penyelenggara Bursa Inovasi Desa (BID) Zona II, Sahuri, mengatakan sebelum melakukan BID, pihaknya melakukan kordinasi dengan jajaran panitia mulai TPID, pendamping desa dan pendamping lokal desa.

Menurutnya, Kordinasi itu berlangsung tidak hanya saat mau pelaksanaan.Jauh hari sebelum BID digelar pihaknya telah melakukan rapat-rapat kordinasi pengarahan, terakhir melaksanakan gladi bersih satu hari sebelum pelaksanaan BID.

“Alhamdulilah Bursa Inovasi Desa di Zona II berjalan lancar. Semua panitia merasakan tanggung jawab bersama, karena semua diajak kerjasama,” kata Sahuri, M.Pd.,

Ia mengharapkan melalui Bursa Inovasi Desa mampu memberikan inspirasi bagi seluruh kepala desa untuk memanfaatkan serta mengembangkan potensi desa di daerahnya melalui inovasi.

“Dengan melakukan inovasi diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah maupun pembangunan nasional, dengan membangun inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Sementara, diperoleh informasi dari Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Kuninngan Bursa Inovasi Desa Zona II mampu menjaring 107 komitmen yang mencakup bidang peningkatan ekonomi lokal dan kewirausahaan, bidang PSDM dan bidang infrastruktur desa. (AM)***

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: