PROGRAM INOVASI DESA

Asep Sumirat : Aliran Dana Desa Harus Menyentuh Pemberdayaan Masyarakat

KUNINGANMEDIA | Selasa, 09 Juli 2019 21:18
Bagikan ke Facebook
KM
Aliran Dana Desa Harus Menyentuh Pemberdayaan Masyarakat [Foto: Jun]

KEHADIRAN Penyedia Pelayanan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) dalam Program Inovasi Desa (PID) kini mulai mendapat respon pemerintah desa. Buktinya, mereka antusias menghadiri Bursa Inovasi Desa (BID) yang kini sedang dilaksanakan di lima zona BID wilayah Kabupaten Kuningan.

“Respon pemerintah desa terhadap P2KTD kini mulai berkembang, terbukti banyak yang hadir dari desa-desa serta banyaknya komitmen yang terjaring dalam Bursa Inovasi Desa (BID),” kata Ketua Penyelenggara Bursa Inovasi Desa (BID) Zona III, Asep Sumirat, pada Bursa Inovasi Desa Zona III, di Desa Langseb, Kecamatan Lebakwangi, Selasa (9/7/2019).

Ia menjelaskan, memang tahun pertama dan ke-dua pemerintah desa maupun TPID masih belum nyambung karena merupakan program baru. Kini pemerintah desa  mulai memahami peran tugas dan fungsi P2KTD yaitu untuk membantu desa mewujudkan inovasi desa yang membutuhkan keahlian teknis tertentu dalam meningkatkan kualitas pembangunan desa.

Asep Sumirat berharap dengan adanya BID ini kepala desa tidak ragu lagi dalam menggunakan dana desa yang mengarah pada pemberdayaan masyarakat.

Oleh sebab itu kehadiran P2KTD yang salah satu tujuannya untuk mewujudkan kegiatan pembangunan desa yang inovatif dan lebih berkualitas layak mendapat sambutan hangat pemerintah desa.

“BID mempertemukan pihak-pihak yang nantinya akan terlibat dalam PID, termasuk di dalamnya yaitu unsur TPID dan P2KTD,” imbuhnya.

Melalui kerjasama TPID dengan P2KTD dalam Bursa Inovasi Desa, diharapkan pemerintah desa dapat membuka wawasan dalam menggunakan aliran dana desa untuk lebih mengarah pada pemberdayaan masyarakat.

“Momen saat ini banyak desa yang dijabat oleh penjabat sementara kepala desa. Ini salah satu kendala karena yang membuat komitmen itu kepala desa, harus masuk RPJMD. Untuk itu kami mengundang kepala desa atau penjabatnya, tokoh masyarakat dan Ketua BPD,” paparnya. (Nung/Jun)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: