Endi Ingin Kembangkan Industri Kerajinan di Desa Dukuhbadag

KUNINGANMEDIA | Selasa, 25 Juni 2019 16:20
Bagikan ke Facebook
KM
Endi Sunardi [Foto: Zoen]

Endi Sunardi (39) warga RT.04 RW.01 Desa Dukuhbadag, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan, sudah lama tidak bisa berjalan kaki karena lumpuh. Setelah ia mengalami kecelakaan lalulintas di Kalimantan. Lima bulan lalu ia bersama istrinya memutuskan pulang kampung, kini menempati rumah sederhana di daerah itu.

Dibalik kekurangan dalam dirinya, ada kelebihan yang dimiliki Endi yaitu keahlian dalam membuat kerajinan tangan yang terbuat dari bahan baku pelepah (gedebog) pohon pisang. Pohon pisang yang dianggap limbah oleh warga sekitar, oleh Endi dibuat barang yang bisa dijadikan cindera mata.

Barang-barang berharga yang punya nilai seni, itu diantaranya tempat tisu, miniatur kapal, motor dan banyak jenis lainnya. Dalam satu hari ia dibantu istrinya mampu membuat beberapa buah kerajinan itu. Satu buah tempat tisu dijual seharga Rp50.000.- miniatur motor Rp.100.000,-. dan miniatur kapal Rp.150.000,-.

“Pemasarannya masih mengandalkan pesanan dan melalui teman. Ada teman yang membeli untuk dibawa ke Jakarta,” kata Endi.

Ia sangat berterima kasih kepada warga yang mengirim bahan berupa pohon pisang untuk dijadikan kerajinan. Soalnya ia tidak mampu mencari atau mengambil sendiri bahan baku, karena tidak berjalan kaki.

“Alhamdulillah, ada beberapa tetangga yang mengirim pohon pisang untuk bahan baku kerajinan. Biasanya ia buang menjadi limbah,” tutur Hendi.

Kedepannya Endi punya harapan besar mengembangkan kerajinan itu di Desa Dukuhbadag. Namun, terbentur permodalan. Soalnya untuk mengerjakan kerajinan dengan jumlah cukup banyak selain harus melakukan pelatihan kepada warga,   juga untuk gaji atau upah pegawai termasuk penyediaan bahan baku.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Dukuhbadag, Kastum mengaku bangga dengan upaya yang dilakukan Endi. Ia berharap pihak pemerintah daerah maupun piha lainnya dapat membantu permodalan untuk pengembangan industri kerajinan di Dukuhbadag.

“Saya berharap pihak pemerintah maupun swasta bisa membantu permodalan untuk pengembangan industri kerajinan khususnya untuk pengembangan usaha kerajinan Endi, sehingga bisa mengembangkan usahanya,” kata Kastum. (AM)*** 

 

 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: