Guru Harus Melek Teknologi Digital

KUNINGANMEDIA | Kamis, 23 Mei 2019 22:05
Bagikan ke Facebook
KM
SN1558624209.jpg [Foto: ]

SEKRETARIS Daerah Kabupaten Kuningan, DR. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., mengimbau guru-guru di berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Kuningan agar melek teknologi digital. Artinya memanfaatkan teknologi sebagai sumber belajar dan komunikasi pembelajaran.

“Pada generasi milenial sekarang ini guru-guru harus lebih siap dengan teknologi digital sebagai sumber belajar dan komunikasi pembelajaran, mengingat tantangan generasi milenial yang suka dengan teknologi digital,” kata Dian Rachmat Yanuar, pada acara Workshop Peningkatan Disiplin dan Optimalisasi Kinerja Pegawai dalam Mewujudjkan Pendidikan Bermutu di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, di SMKN 1 Kuningan, beberapa waktu lalu.

Generasi milenial, sambungnya, lebih suka menggunakan teknologi untuk belajar, melakukan komunikasi di mana saja. Ini berawal dari generasi kertas pensil, generasi komputer, generasi internet, generasi handphone pintar yang lebih dikenal dengan generasi milenial itu. Generasi ini memiliki karakteristik suka memegang kendali.

Selain itu tidak mau terikat dengan jadwal pelajaran tambahan, tidak menyukai komunikasi satu arah, percaya diri dan pantang menyerah, kurang menyukai bacaan konvensional dan mahir teknologi.

Oleh sebab itu guru-guru diharapkan mampu melakukan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital yang menyenangkan serta  penuh makna  dan harus menjadi role model yang memiliki kapasitas mumpuni,” paparnya.

“Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru bermutu bisa melahirkan ribuan orang hebat. Guru biasa memberitahu, guru baik menjelaskan, guru ulung memperagakan, guru hebat mengilhami,” kata Dian, mengutip kata-kata bijak.(Linda)***

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: