Ribuan Warga Antusias Menyaksikan Upacara Babarit

KUNINGANMEDIA | Ahad, 02 September 2018 18:26
Bagikan ke Facebook
KM
RIBUAN warg Kabupaten Kuningan antusias menyaksikan Upacara Babarit di Jalan Siliwangi depan Pendopo Kabupaten Kuningan, Minggu (2/9/2018). [Foto: zoen]

RIBUAN warga Kabupaten Kuningan antusias menyaksikan pergelaran Babarit di Jalan Siliwangi, depan Pendopo Kabupaten Kuningan, Minggu (2/9/2018). Acara itu rutin digelar setiap tahun dalam rangkaian memperingati Hari Jadi ke-520 Kuningan.

Upacara tradisi Babarit kali ini berbeda dengan tahun lalu, karena dianjutkan dengan acara Pemecahan Rekor Dunia Tape Ketan Terpanjang 1000 meter yang dipajang pada belahan batang bambu di sepanjang jalan Siliwangi itu.

Babarit merupakan tradisi yang biasa dilaksanakan oleh masyarakat di perdesaan, sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Esa. Selain itu kebiasaan masyarakat masa lalu untuk mengusir hal yang tidak diinginkan seperti bencana.

“Ini sebagai bentuk syukur kepada  Allah SWT atas kenimatan yang dirasakan selama ini oleh masyarakat. Kabupaten Kuningan dikaruniai sebagai daerah yang subur. Masyarakatnya gemah ripah repeh rapih, ayem tengtrem repeh rapih,” kata Bupati Acep Purnama.

,Menurutnya, tingkat gotong royong masyarakat Kuningan perlu dipertahankan. Iitu digambarkan melalui babarit yang dilaksanakan bersama masyarakat.

“Ini simbol bersatunya antar Pemerintah Bersama Masyarakat.  Oleh sebab itu atas pemerintah daerah saya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung berbagai program pembangunan daerah.

Bupati mengharapkan babarit terus dipelihara sebagai aset budaya daerah yang bisa diminati wisatawan.

Berkaitan dengan berhasilnya Kabupaten Kuningan mencapai Rekor Dunia Tape Ketan Terpanjang, Bupati Acep menyambut gembira serta mengharapkan salah satu kuliner Kuningan itu lebih dikenal oleh masyarakat luar daerah bahkan dunia. (AM)*

 

 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: