Mengenal Sungai Cisanggarung

KUNINGANMEDIA | Ahad, 12 Agustus 2018 11:39
Bagikan ke Facebook
KM
Hulu Waduk Darma [Foto: ]

SUNGAI Cisanggarung di Kabupaten Kuningan, boleh dikatakan sungai yang cukup besar.  Airnya mengalir dari Waduk Darma melalui jalur sungai wilayah Désa Nusaherang, Kecamatan Nusaherang, bertemu dengan sungai kecil yang airnya dari wilayah Desa Cikadu Kecamatan Nusaherang.

Air dari Waduk Darma juga mengalir melalui Sungai Cisanggarung melewati jalur sungai Cisanggarung blok Cibogo Desa Kadugede  dan Desa Ciketak Kecamatan Kadugede. Selanjutnya bertemu dengan sungai kecil (Hawangan) yang mengalir dari wilayah Desa Bayuning dan Desa Babatan Kecamatan Kadugede.

Selanjutnya air mengalir dari wilayah  Desa Windujanten, Desa Nangka Kecamatan Kadugede, Kelurahan Cigadung Kecamatan Cigugur yang mengalir ke wilayah Desa Cibinuang, Desa Citangtu, Kecamatan Kuningan.

Berdasarkan keterangan, pada tahun 1946 dibangun satu  DAM atau tanggul yang terbagi dua bagian. Bagian pertama yaitu Sungai Cisanggarung yang  mengalir ke daerah Luragung. Sedangkan bagian lainya merupakan sungai kecil yang disebut DAM Cisanggarung.

DAM Cisanggarung ke sebelah kiri airnya mengalir ke sungai kecil yaitu Surakatiga melewati wilayah Kelurahan Winduhaji. Désa Ancaran sampai ke daerah Cirebon. Sungai Cisanggarung mengalir melewati wilayah Desa Cigedang, Kecamatan Luragung. (Dari berbagai sumber)

 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: