Masyrakat Pers Jawa Barat Siap Menjaga Netralitas Pilkada

KUNINGANMEDIA | Selasa, 10 April 2018 14:59
Bagikan ke Facebook
KM
Deklarasi Liputan Media Profesional Untuk Pemilu Berkualitas, di Gedung Sate Jalan Dipnegoro Bandung, Selasa (10/4/2018). [Foto: Ist]

SUHU politik menjelang pilakada serentak 2018 di beberapa daerah kini mulai meningkat.Hal itu tak menutu kemungkinan banyak pihak yang memanfaatkan pers, menarik media bahkan membuat media untuk memenangkan politik dengan mencidreai nilai-nilai luhur pers Indonesia.

Masyarakat pers di Jawa Barat, terdiri atas wartawan berbagai media dan paltforma, wartawan freelance, koresponden dan kontributor menyatakan sikap menjaga netralitas dan indepensi pers dalam rangka menjelang Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019.

Pernyataan sikap itu disampaikan pada acara Diskusi Publik dan Deklarasi Liputan Media Profesional Untuk Pemilu Berkualitas, di Gedung Sate Jalan Dipnegoro Bandung, Selasa (10/4/2018).

Pada acara itu, dilakukan pula pembacaan dan penandataganan Deklarasi Pers dan masyarakat pemerthati media informasi Jawa Barat.

Ada beberapa hal yang disampaikan pada acara deklarasi itu, diantaranya bertekad menjaga roh dan nilai-nilai luhur pers Indonesia dengan cara menjaga independensi ruang redaksi, menjunjung Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan bekerja mewujudkan jurnalisme yang sehat untuk kepentingan masyarakt luas.

Selain itu bertekad mewujudkan suasana teduh menjelang Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, dengan mengantarkan masyarakat untuk dapat memilih pemimpin terbaik sesuai pilihan dan hati nurani masing-masing.

Meneguhkan kembali batasan pagar api yang membedakan secara tegas antara berita dengan iklan atau advertorial, menolak semua pemuatan semua bentuk pernyataan orang dan berita-berita yang bermuatan kebencian, SARA serta penghancuran kredibilitas setiap calon yang akan maju dalam pemilihan umum kepala daerah serta menolak semua bentuk hoax dan model kampanye negatif.  

Sesungguhnya pers Indonesia berangkat dari pers perjuangan, yang menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran serta melawan kesewenang-wenangan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kemerdekaan pers merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat, yang berazaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan dan supremasi hukum serta menjadi unsur penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis. Pers memiliki peran penting sebagai pilar ke empat demokrasi.. (AM)*

 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: