Kabar Dari Desa Cipondok (Bag II)

Masjid Desa Cipondok Peninggalan Raden Noer Sungeb

KUNINGANMEDIA | Ahad, 08 April 2018 09:48
Bagikan ke Facebook
KM
SN1523153901.JPG [Foto: Dok : Pemdes Cipondok]

Radén Noer Sungéb datang ka Desa Cipondok diperkirakan pada tahun 1920. Saat itu ia masih memangku jabatan sebagai Kuwu Karangsembung Cirebon. Mungkin awalnya ia sedang  mencari tempat untuk istirahat disela-sela kesibukannya menjadi kuwu tersebut.

Ada empat lokasi atau tempat istirahat Raden Noer Sungeb pada masa itu.  Ia pertana kali singgahi di daerah yang kini disebut Dusun Cibodas. Selanjutnya pindah ke Mungkal Tumpang Sarongge, Leuwi Kadir dan yang terakhir pindah ke Paniisan sampai wafat dan dimakamkan di lokasi yang kini disebut    Makam Paniisan.

Pada masa hidupnya, Radn Noer Sungéb dikenal sebagai tokoh yang punya  peran penting dalam memberikan ajaran agama Islam di  daerah. Bahkan ia yang pertama kali membangun Masjid di Desa Cipondok pada tahun 1938.

Sampai kini Masjid yang dibangun di  pusat pemerintahan Desa Cipondok itu dikenal dengan nama Masjid Noer  Sungeb dengan bentuk miniatur bangunan mirip Masjid Agung Demak.

Tahun 1992 masjid tersebut dipugar namun tidak merubah bentuk dan tata letaknya melainkan   hanya bangunannya saja yang diperluas sehingga menjadi bangunan masjid yang   permanen.*

Sumber : Buku Kabar Dari Desa Cipondok, Pemdes Cipondok & KUNINGANMEDIA

                         

 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: