Hasil Panen Petani Jambu Pajambon Menurun

KUNINGANMEDIA | Ahad, 21 Januari 2018 19:16
Bagikan ke Facebook
KM
SN1516536963.JPG [Foto: ]

HASIL panen petani jambu batu merah  di Desa Pajambon, Kecamatan Karamatmulya, Kabupaten Kuningan, beberapa minggu terakhir ini menurun. Akibatnya mereka tidak bisa memenuhi jumlah pasokan sesuai permintaan pasar.

Berdasarkan keterangan, menurunnya hasil panen petani jambu di daerah kaki Gunung Ciremai itu diduga karena kurangnya pemeliharaan terutama pada saat daun jambu sudah tua.

 “Ini bukan karena faktor cuaca, tapi karena pola pemeliharaan yang kurang. Biasanya kalau  daun jambu sudah terlihat tua, petani berusaha untuk memangkas agar tumbuh daun muda sehingga cepat tumbuh bunga dan berbuah,” kata Supriadi, salah satu bandar Jambu, Minggu (21/1/2018).

Menurutnya, di Desa Pajambon terdapat kurang lebih 37 hektar lahan yang dipadati dengan pohon-pohon jambu. Lahan yang cukup luas itu merupakan lahan milik masyarakat petani desa tersebut.

Setiap kali panen petani menjualnya kepada para bandar yang merupakan warga Desa Pajambon. Ada lima bandar yang biasa menerima hasil panen jambu. Setiap bandar rata-rata bisa menamung 10 ton jambu per bulan.

Supriadi menyebutkan, sebelum menurunnya hasil panen ia membeli jambu dari petani  dengan harga Rp.2000 per kilogram, Namun karena kini meningkat menjadi Rp.2500 per kilogram. Harga tersebut berdasarkan perhitungan panen dilakukan oleh bandar.

“Kalau  panen dilakukan oleh petani mungkin harga akan lebih, karena saya mengandalkan para pekerja saya membayar ke petani di luar upah upah kerja,” jelas nya.

  Menurutnya,  tiap bulan biasanya rata-rata pasokan jambu dari Desa Pajambon bisa menncapai 50 ton yang dipasok oleh lima orang bandar. Kini satu orang bandar hanya mampu memasok kurang lebih 1 ton per minggu.

Beberapa daerah yang menjadi pasokan jambu batu dari Desa Pajambon meliputiTangerang, Cibitung, Bandung, Cirebon Banjar. Selain itu daerah luar pulau Jawa yakni Jambi dan Palembang.. (Rahayu)* 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: