Pejuang Siliwangi Hadir di Kuningan

KUNINGANMEDIA | Senin, 13 Maret 2017 21:24
Bagikan ke Facebook
KM
Suasana Rapat Koordinasi Pengurus Pejuang Siliwangi Kabupaten Kuningan, di Saung Hutan Kota Mayasih Kelurahan Cigugur, Kecamatan Cigugur, Minggu (12/3/2017) [Foto: Zoen]

CIGUGUR, (KM): Sejumlah pengurus Dewan Pengurus Cabang (DPC) Pejuang Siliwangi Indonesia mengadakan pertemuan guna membahas berbagai hal, menyusul terbentuknya organisasi tersebut di Kabupaten Kuningan beberapa bulan lalu, di Hutan Kota Mayasih Kelurahan Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Minggu (12/3/2017).

“Kami sudah beberapa kali mengadakan rapat koordinasi kepengurusan. Hari ini merupakan pemantapan untuk menyusun program kerja ke depan,” ujar Ketua Umum DPC ejuang Siliwang Indonesia Kabupaten Kuningan, Uus Samsu, M.AP., seusai memimpin rapat tersebut.

Terbentuknya kepengurusan DPC Pejuang Siliwangi Kabupaten Kuningan, sambung Uus, merupakan komitmen untuk melanjutkan jejang perjuangan para pendahulu. Selain itu berdasarkan arahan DPD Pejuang Siliwangi Indonesia Jawa Barat yang menuntut segera membentuk dan membenahi struktur organisasi DPC Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Kuningan sesuai Anggaran Dasar/Anggaran RumahTangga (AD/ART) Pejjuang Siliwangi Indonesia.

“Organisasi ini merupakan suatu perkumpulan yang semula bernama Pancakaki Silaturahmi (PS), yaitu forum dislog dan diskusi dalam rangka merintis perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia,”jelasnya. Menurut Uus, DPC Pejuang Siliwang Indonesia Kabupaten Kuningan memang baru terbentuk beberapa bulan yang lalu, namun organisasi Pejuang Siliwangi di Indonesia sudah berdiri sejak lama yakni pada tanggal 2 Juli 1922.

Uus menerangkan, organisasi Pejuang Siliwangi Indonesia yang dikenal dengan sebutan PS didirikan oleh seorang Ulama Sufi yakni Ama Poeradiredja, dengan dibantu dan didampingi para Ulama Jawa Barat lainnya diantaranya KH. Nawawi Al Bantani (Alm), KH. Ajengan Achmad Sanusi Gunung Puyuh Sukabumi (Alm) dan KH. Tajul Arifin Tasikmlaya (Alm).

“Pada masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, , organisasi ini bergerak dibidang pendidikan mental dan spiritual yang dipandu oleh ajaran agama, dengan tujuan untuk menggembleng semngat juang dengan patriotise serta idealisme yang tinggi bagi para pemuda, guna menggalang Persatuan dan Kesatuan dan persatuan Indonesia dalam mengusir penjajah kolonialisme Belanda dari Bumi Pertiwi Indonesia tercinta,” paparnya. (AM)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: