Mojang Kuningan, Kuat..! (2)

KUNINGANMEDIA | Sabtu, 10 September 2016 17:06
Bagikan ke Facebook
KM
Menari [Foto: Zoen]
PERLU para mojang sadari, efek yang menonjol dari dibenarkannya sistem patriakal ini adalah kekerasan fisik dan mental terhadap kaum wanita, yang sudah menjadi epidemik. Namun yang memprihatinkan adalah banyak dari kaum wanita yang menjadi korban, membiarkan dirinya sendiri menjadi obyek penyiksaan yang kejam. Dengan alasan takut dan malu untuk melapor.
 
Faktor lemahnya mental sangat berpengaruh kenapa wanita selalu takut untuk melindungi dirinya sendiri. Maka jadilah kaum mojang yang bermental kuat untuk melindungi diri, dan atau melawan segala tindak kekerasan fisik maupun batin.
 
Saran saya agar semua kaum wanita menyimpan nomor dan alamat penting organisasi-organisasi terkait, apabila terjadi kekerasan maka langsung saja hubungi polisi, dan atau organisasi-organisasi terkait yang dianggap mampu menolong.
 
Jangan pernah merasa takut atau malu, karena kaum wanita juga berhak untuk mendapatkan perlindungan, dan memperoleh rasa nyaman di dalam mengarungi kehidupan. Maka mulai sekarang berlatih membentuk atau meningkatkan karakter ketangguhan mental untuk persiapan diri menghadapi kehidupan yang keras ini.
 
Kuat Cerdas yang berarti kecerdasan secara umum, bukan saja cerdas kemampuan memahami informasi yang membentuk pengetahuan dan kesadaran, tetapi juga cerdas kemampuan untuk memroses informasi agar mampu bersaing sehat dan mampu menyimpulkan arti dari kehidupan, juga kemampuan untuk mengantisipasinya secara cermat, sehingga masalah-masalah yang kita hadapi dapat dipecahkan (problems solved).
 
Untuk meningkatkan kecerdasan, tentu saja kita perlu menambah pengetahuan dan berlatih memroses pengetahuan itu lewat kegiatan kreatif, kegiatan menalar, dan kegiatan mengevaluasi atau menilai.
 
Maka untuk meningkatkan kecerdasan kita dengan cara : Mengevaluasi diri, menetapkan tujuan hidup atau cita-cita, membiasakan hidup cerdas, umpamanya membaca, berdiskusi, olah pikir, olah rasa, dan olah raga, membangun sikap kritis dan keterbukaan, berfikir positif, dan rendah hati.
 
Kuat Berkarya adalah kemampuan menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi diri sendiri ataupun untuk kemajuan hidup, yang disesuaikan dengan bakat diri kita sendiri untuk menuai hasil yang diharapkan.(Bersambung)
 
Nenen Gunadi (Anggota Komunitas Lembur Kuring 2007)
 
 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: