Bantuan Untuk Kelompok Tani Hutan di Sekitar Kawasan TNCC

KUNINGANMEDIA | Ahad, 03 April 2016 23:26
Bagikan ke Facebook
KM
Kepala BTNGC Padmo Wiyoso memberikan keterangan [Foto: Zoen Mahardika]

ADA harapan baru bagi pengelola obyek wisata Batuluhur Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan untuk mengembangkan kawasan wisata tersebut. Setelah menerima bantuan instalasi air untuk penyediaan air bersih dan penangguangan kebakaran hutan dari Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kepada Ketua Kelompok Bujangga Manik sebagai sebagai pengelola obyek wisata Batuluhur, seuasai penandatanganan prasasti di obyek wisata Batuluhur, Minggu (4/4/2016).

Selain memberikan  bantuan kepada kelompok Bujanggamanik, juga kepada 144 kelompok tanu laiinya di 45 desa sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dan, bantuan peralatan kelompok usaha kelompok tani LMDH Jawa Barat.

Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan dan Kehutanan RI, DR. Ing. Ir. Hadi Daryanto, DEA, menyatakan dulu Pengeloaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM),  masyaraat diperbolehkan untuk menanam tanaman yang disukainya seperti padi, pohon dan lain sebagainya.

“Setelah berubah status sebagai kawasan konservasi,  maka masyarakat di sekitar kawasan TNGC hanya boleh melakukan usaha jasa hutan. Misalnya eko wisata dan wisata lam lainnya,” kata Hadi Daryanto.  

 

Kepala Badan Taman Nasinal Gunung Ciremai, Padmo Wiyoso menyebutkan, selama ini masyarakat di 45 desa sekitar TNGC kesulitan air bersih, sehingga berdampak sulitnya untuk mengembangkan usaha perhutanan sosial dan berdampak pada tingkat perekonomian masyarakat. Begitu pula, ketika terjadi kebakaran hutan kesulitan air karena sumber air suit dijangkau.

“Untuk mengatasi hal itu membangun kerjasama antara  Kementerian Lingkungan Hidup, Pemkab Kuningan, Desa serta warga masyarakat untuk menyediakan instalasi air,” kata Padmo.* (Zoen Mahardika)

.   

 

  

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: