Batuluhur Obyek Wisata di Lereng Gunung Ciremai

Zoen Mahardika | Kamis, 07 Januari 2016 19:08
Bagikan ke Facebook
KM
Batuluhur Obyek Wisata di Lereng Gunung Ciremai [Foto: Zoen]
ADA obyek wisata baru di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningsn. Obyek wisata itu dikenal dengan nama Batuluhur, salah satu obyek wisata alam yang berada di lintasan jalan menuju Kebun Raya Kuningan (KRK).
 
Meskipun dibilang baru, obyek wisata di lereng Gunung Ciremai itu setiap harinya banyak dikunjungi terutama wisatawan lokal terutama dari Kabupaten Kuningan, Majalengka dan Cirebon.
 
Mengapa disebut Batuluhur? Sebab di lokasi ini banyak batu besar dan cukup tinggi (luhur), yang dulunya merupakan lahar membeku ketika Gunung Ciremay meletus. 
 
"Saya senang menikmati keindahan alam ini, udaranya sejuk juga melihat pemandangan indah daerah Majalengka dan Cirebon," ujar salah satu pengunjung.
 
Kini obyek wisata Batuluhur sedang dibenahi serta dikelola oleh Kelompok Pujanggamanik Désa Padabeunghar, sebagai mitra kerja Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).   
 
Sementara, beberapa potensi yang mendukung obyék wisata Batuluhur di antaranya madu Odéng, Cuing khas batuluhur serta berbagai kuliner  Désa Padabeunghar lainnya. Cuing adalah tumbuhan menjalar yang hidup di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. 
 
Di sekitar obyek wisata Batuluhur banyak Odéng yakni sejenis tawon, tapi tidak mengganggu karena hidup di sela-sela batu dan tempatnya agak jauh dari lokasi wisata Batuluhur yang biasa dipakai sarana bermain atau istirahat oleh pengunjung.
 
Bagi wisatawan bisa menyaksikan langsung cara mengambil dan mengolah madu Odéng, bahkan bisa langsung mengambil sendiri dipandu oleh  pawangnya. Madu Odéng Batuluhur hargana Rp 250 ribu per kilogram.  Di Batuluhur, wisatawan juga bisa mengamatii burung  kepudang (Oriolus Chinensis).  
 
“Memang kami masih berbenah, mungkin kedepan akan membuka tempat kemping agar bisa merasakan suasana malam sambil menikmati pamandangan kota Cirebon dan Majalengka pada malam hari," kata Ketua Kelompok Pujanggamanik, Kadi, didampingi wakilnya Dodo Darsa.
 
Bagi anda yang Nu rék ulin ka Batuluhur bisa ngaliwatan sababaraha rute, upamana ti Cirebon-Kuningan. lebah pertelon Caracas Kecamatan Cilimus mengkol ka katuhu. Bisa oge ti Cirebon jeung Majalengka  ngaliwatan Dukuhpuntang nu brasna ka Desa Pasawahan jeung Desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan Kabupatén Kuningan.  ***AM
 
 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: