Kebun Raya Kuningan Resmi Dibuka

KUNINGANMEDIA | Rabu, 25 November 2015 21:55
Bagikan ke Facebook
KM
Kebun Raya Kuningan Resmi Dibuka [Foto: Zoen]

PASAWAHAN, (KM): Setelah melalui beberapa tahapan pengerjaan, Kebun Raya Kuningan (KRK) di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan , akhirnya resmi dibukan. Peresmian KRK dilakukan oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain, Rabu (20/11/2015).

Dengan demikian, Kebun Raya Kuningan kini sudah bisa dikunjungi oleh masyarakat yang ingin berkunjung ke Kebun Raya tersebut.

Bupati Kuningan Hj, Utje Ch. Hamid Suganda mengatakan, pembangunan Kebun Raya Kuningan digagas Pemerintah Kabupaten Kuningan berawal dari kepentingan untuk menyelamatkan areal resapan air yang terdapat di belahan utara Kabupaten Kuningan.

Dalam perjalannya sambung Utje, kepentingan ini kemudian semakin dipertegas dalam kerangka implementasi Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi telah diwujudkan dalam bentuk pembangunan sumber daya alam.

“Usulan Pemerintah Kabupaten Kuningan terkait dengan pembangunan Kebun Raya Kuningan didasarkan pada pertimbangan terdapatnya lahan tidak produktif yang di dalamnya masih mengandung potensi keanekaragaman hayati yang luar biasa,” papar Utje.

Sementara, Kepala LIPI mengapresiasi atas upaya Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam mewujudkan Kebun Raya Kuningan,” ujar Iskandar Zulkarnain.*. Menyelamatkan lingkungan dan sumberdaya keanekaragaman hayati merupakan sebuah upaya untuk menegakan keadilan antar generasi. Apabila semua kekayaan alam yang bisa dijadikan modal pembangunan tidak kita jaga maka sesungguhnya tidak melakukan keadilan.

“Kebun Raya merupakan konsep pengelolaan kawasan yang mensinergikan upaya konservasi dengan pembangunan ekonomi berbasis kehidupan,” ujar Iskandar.

Komentar (1)

HLS

Kuningan memang hebring euy, semoga dengan ini gak kejadian lagi yang namanya kebakaran hutan.

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: