Hj. Utje Ch. Suganda dan H. Acep Purnama

Menuju Kuningan Mandiri Agamis Sejahtera

KUNINGANMEDIA | Senin, 31 Agustus 2015 12:46
Bagikan ke Facebook
KM
Menuju Kuningan Mandiri Agamis Sejahtera [Foto: ]

SEJAK dilantik pada 4 Desember 2014, Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda dan Wakil Bupati H. Acep Purnama tak henti untuk melakukan pembenahan guna mewujudkan Kuningan MAS (Mandiri Agamis Sejahtera).

Banyak hal yang telah dilakukan dalam mewujudkan hal tersebut, yang berdampak terhadap perubahan pembangunan yang lebih baik. Hal itu bukan saja  dirasakan oleh masyarakat, namun melahirkan berbagai penilaian sehingga meraih  banyak penghargaan.

Misalnya pada awal kepemimpinannya, mendapat penghargaan  Parahita Ekapraya (APE) tingkat Pratama Nasional dari Presiden RI  dan penghargaan Amal Bhakti  Bidang Pendidikan Agama dan Bidang Pendidikan  Islam/API.

Penghargaan itu merupakan salah satu bukti keberhasilan dalam pembangunan keagamaam khususnya dalam melaksanakan program Madrasah Diniyah (MD) yang  telah berjalan  dan di-perdakan. Selain itu  memberikan bantuan operasional kepada Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Kuningan.

Selain itu penghargaan dianugrahkan di tahun 2014, dalam rangka peringatan hari Ibu  ke-88, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Disabilitas Inernasional, Hari AIDS se-Dunia  dan HUT KOWAD ke-53 Tingkat  Provinsi Jawa Barat  Tahun 2014, Bupati Utje mendapat penghargaan  sebagai relawan sosial  terbaik se-Jawa Barat.

Hal tersebut  dibuktikan dengan  eksistensi ia  dalam memimpin  Lembaga Koordinasi  Kesejahteraan Sosial/LKKS yang sebelumnya K3S yang dipimpin selama 11 tahun.

LKKS Kuningan sendiri menjadi pelopor bagi LKKS kab/kota lainnya  di Jawa Barat. Beberapa program unggulan  LKKS Kabupaten Kuningan adalah program Nikah dan Isbat Massal bagi PMKS.

Pembuatan akta lahir gratis bagi anak-anak PMKS terutama yang telah mengikuti  Nikah dan Isbat Massal. Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dokter dan perawat dalam  program bhakti  sosial pelayanan  kesehatan gratis  bagi seribu  PMKS. Pemberian stimulan modal usaha  bagi kube FM, bina wilayah  ke lembaga  kesejahteraan sosial atau panti asuhan.

 

 

 Pemerintah Kabupaten Kuningan senantiasa mengembangkan inovasi guna mewujudkan kemandirian pembangunan sesuai dengan amanat otonomi daerah. Itu pun menjadi prestasi yang melahirkan beberapa penghargaan.

Di antaranya. bidang pengeloaan keuangan daerah, proses audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara sehingga Kabupaten Kuningan sebagai suatu badan publik yang mampu menyajikan sistem pengelolaan keuangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kabupaten Kuningan berhak mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hal itu ditandai dengan diterimanya Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2014 dengan predikat WTP yang diserahkan oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Ir. Cornell S. Prawiradiningrat, MM, kepada Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.AP, Senin 1 Juni 2015 di Kantor BPK  RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Kabupaten Kuningan juga Meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI atas upaya dan komitmen Pemerintah Kabupaten Kuningan terhadap perlindungan perempuan dan anak pada 11 Agustus 2015 diserahkan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor pada acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN).

Tak lama kemudian Kuningan meraih penghargaan di bidang Hukum dan HAM berupa Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Sadar Hukum dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 19 Agustus 2015, penghargaan tersebut diberikan Kepada Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.AP, atas jasa-jasa nya membina dan mengembangkan Desa/Kelurahan sebanyak 70 Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan.

Dalam dunia pendidikan meraih Juara 2 Nasional Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (Diraih SMA Negeri 3 Kuningan). Selain itu juara nasional dan juara provinsi tenaga kesehatan, diraih Iin Arinta Amd.Kebdan Sri Widiastuti, Amd. Keb. Dan Juara provinsi Karang Taruna Desa Cijemit, Kecamatan Ciniru serta penghargaan lainnya.

Agenda Peringatan Hari Jadi Kuningan

Sebagai wujud syukur bertepatan dengan Hari Jadi Kuningan ke-517. Banyak kegiatan yang dilaksanakan mulai keagamaan, olah raga, seni budaya dan lainnya. Adapun kegiatan tersebut, diawali Istigosah melibatkan seluruh SKPD dan Masyarakat Kuningan, Tour de Linggajati dengan  peserta  pembalap nasional dan internasional, pagelaran Wayang Golek Giri Harja III di Desa Gunungsari Kec. Cimahi, Ziarah ke Makam Leluhur Kuningan mulai Arya Kamuning dan Syekh Maulana Akbar, Adipatai Ewangga dan Ramajaksa, dan Eyang Weri. Dilanjutkan Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati Cirebon.

Kegiatan Bhakti sosialpun digelar dengan melakukan Sunatan Masal dengan anak khitan mewakili dari 32 kecamatan, dilakukan juga Danor darah dengan melibatkan SKPD dan masyarakat.

Bersamaan dengan peringtan Hari Jadi Kuningan ke-517, Selasa 1 September akan dilaksnakan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Kuningan, Pembukaan pameran Pembangunan rencananya akan menghadirkan Ega, Gala Desa AHAS CUP II dengan peserta sebanyak 26 desa  dari 15 kecamatan,

Saptonan dan panahan salah satu kegiatan tradisional diikuti 32 kecamatan yang akan dilombakan, karnaval 3 September 2015 di Jln. Siliwangi dengan menampilkan berbagai kesenian trdisional, seperti mobil hias, sepeda ontel dan lain sebagainya, pacuan kuda  dilaksanakan 6 September 2015 di Lapangan Pacuan Kuda di Jalan DR. Ir. Soekarno, peresmian Instalasi pengelolaan air bersih untuk masyarakat Kecamatan Garawangi dan Kecamatan Lebakwangi sebanyak 5000 KK.

Ditahun ini Kuningan telah merampungkan beberapa program pembangunan di antaranya Taman Cirendang, Taman Sampora, Kantor DTRCK, Kantor PKB Dishub, Kantor Labkesda, Kantor Puskesmas Lamepayung Kec. Kuningan, dan Situ Cikamalayan Desa Kasturi.

Atas raihan penghargaan dan pembangunan yang di dapat  Kabupaten Kuningan, Bupati Kuningan menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas segala upaya dan dukungan dalam pelaksanaan pembangunan Kuningan.

 

Guna meraih keberhasilan pembangunan Kabupaten Kuningan yang berkesinambungan. Bupati Kuningan tidak pernah lelah untuk memimpin dan memandu seluruh aktor pembangunan. Dan  terus mengajak seluruh komponen masyarakat Kuningan, agar selalu menjaga semangat dan stamina, untuk tidak pernah ragu mencurahkan segenap tenaga dan pikiran dalam melaksanakan percepatan pembangunan di Kuningan. (HUMAS SETDA KUNINGAN/Advertorial)

           

 

 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: