Desa Cilimus Ikuti Lomba Desa Tingkat Jawa Barat

KUNINGANMEDIA | Rabu, 27 Mei 2015 20:19
Bagikan ke Facebook

CILIMUS, (KM): Setelah berhasil meraih juara I Lomba Desa Tingkat Kabupaten Kuningan,  Desa Cilimus, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, dinilai tim Lomba Desa Tingkat Jawa Barat, Rabu (27/5/2015). 

Kehadiran tim penilai lomba disambut antusias ribuan warga yang mengikuti pawai di sepanjang jalan raya Cilimus, dengan menampilkan berbagai atraksi kesenian.

Kepala Desa Cilimus Muhtadin mengatakan, pihaknya telah melakukan  berbagai  persiapan dalam menghadapi lomba desa itu. Hal itu dilakukan bukan hanya saat akan dinilai, karena berabagai program sudah diterapkan sejak tahun 2013.   

“Kami melakukan pembenahan dan penataan pemerintahanan secara menyeluruh serta berkesinambungan. Hal itu dilakukan  baik penataan  administrasi  maupun bidang pembangunan lainnya,” kata Muhtadin

Menurut Muhtadin, melibatkan unsur   pemerintahan dan kelembagaan lainnya serta didukung partisipasi aktif masyarakat desa. Kini seluruh aset kekayaan desa telah dipayungi oleh peraturan-peraturan desa.

Dia menjelaskan, untuk mengoptimalkan potensi kekayaaan desa, sejak awal tahun 2014, pemerintahan Desa Cilimus telah  membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dberi nama Andayasari. Selama kurun waktu dua tahun, Badan Usaha Milik Desa Andayasari telah mendongkrak pendapatan asli desa yang bersumber  dari kekayaan desa yang sangat siginifikan.

“Kehadiran BUMDes)  telah membuka lapangan kerja bagi masyarakat Desa Cilimus dalam bidang usaha yang dikelolanya. Melalu Bumdes Andayasari telah menata organisasi dan manajemen pasar Cilimus sebagai pendapatan utama desa, sekaligus menjadi sumber pendapatan utama masyarakat Desa Cilimus. (Rahayu)***

 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: