Wartawan Harus Meningkatkan SDM Media Profesional

KUNINGANMEDIA | Rabu, 24 Desember 2014 23:12
Bagikan ke Facebook

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: mf_title

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 149

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: mf_fotografer

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 149

KM
[Foto: ]

MASARAKAT saat ini sudah mampu membedakan antara informasi yang menyesatkan dengan informasi yang sehat dan bermanfaat. Mereka  memiliki referensi yang baku mengenai peran pers antara lain dilakukan melalui  penelitian.  

Ketua PWI Jawa Barat Mirza Zulhadi, mengatakan hal itu dalam sambutan yang dibacakan Bendahara PWI Jawa Barat, Wawan Juwarna, pada acara pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Kuningan masa bhakti 2014-2017 di GOR Ewangga Kabupaten Kuningan, Selasa (22/12/2014).

Pengurus PWI Kabupaten Kuningan  yang dilantik itu yakni Ketua Iyan Irwandi (Wartawan HU. Kabar Cirebon) Wakil Ketua Yayat Gandaatmaja (Wartawan  Pro Rakyat), Seketaris Wawan JR (Wartawan Kuningan Terkini), Wakil Sekretaris Nunung Khazanah (Wartawan Neraca), Bendahara Nuryaman (Wartawan HU. Pikiran Rakyat), Wakil Bendahara Agus Mustawan (Wartawan Radar Cirebon), Seksi Organisasi Sukartanu (Wartawan Identitas Bangsa) dan seksi Kesejahteraan Tohir Manihuruk (Wartawan Reaksi Nasional).

Menurut Mirza, masyarakat tahu pers yang melakukan perannya sungguh-sungguh, dengan melihat hasil produk jurnalistik. Agar mendapat penilaian positif dari masyarakat, wartawan dituntut melaksanakan perannya menyajikan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

“Kita perlu memperkuat keprofesian serta meningkatkan SDM media profesional dan bermartabat.. Alhamdulillah  upaya dalam   meningkatkan wawasan pengetahuan dan profesionlisme wartawan kini telah menjadi program dewan pers yakni dengan melaksanakan uji kompetensi wartawan (UKW),” paparnya.

Sebagai pengurus PWI Jawa Barat Mirza mengingatkan, agar anggota PWI di setiap kabupaten dan kota di Jawa Barat mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW). Sebab kedepan persaingan akan semakin ketat.

Dia menambahkan, selama tiga tahun ini PWI telah delapankali melaksanakan uji kompetensi wartawan. Dalam kurun waktu tersebut, di lingkungan PWI Jawa Barat dari jumlah 1500 anggota PWI baru  menghasilkan 350 wartawan yang berkompeten.

 Sementara itu, Bupati Kuningan Utje Choeriah Suganda dalam sambutannya amenyatakan, peran wartawan sangat penting dalam upaya mendukung program pembangunan. Oleh sebab itu, diharapkan wartawan khususnya yang tergabung dalam wadah PWI mampu menggali potensi masyarakat.

“Mari kita bersama sama membangun Kabupaten Kuningan dengan menyampaikan informasi yang sehat bagi masyarakat. Saya juga mengajak untuk meningkatkan kemitraan antara wartawan dengan pemerintah daerah,” kata Utje (Zoen)

 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: