Embung di Kabupaten Kuningan Bertambah

Zoen Mahardika | Rabu, 12 November 2014 22:03
Bagikan ke Facebook

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: mf_title

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 149

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: mf_fotografer

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 149

KM
[Foto: ]

CIGANDAMEKAR, (KM): Pemkab Kuningan pada tahun 2014 ini membangun empat embung . Ke-empat embung itu yakni embung Situ Balong Dayeuh di Desa Timbang, Kecamatan Cigandamekar,  Embung Cimanggu Desa Trijaya, Kecamatan Mandirancan, Situ Cisumur  Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur dan Embung Nanggerang di Desa Nanggerang, Kecamatan Jalaksana.

Selain membangun Embung, juga merehabilitasi beberapa situ di antaranya  Situ di Desa Pakembangan, Kecamatan Cibeureum, Gembol Karangmuncang Kecamatan Cigandamekar dan Situ Darmaloka di Desa Darma Kecamatan Darma.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Pertambangan (SDAP) Kabupaten Kuningan Amiruddin menyatakan, pembangunan embung dan rehabilitasi embung dan situ itu didanai APBD Kabupaten Kuningan Rp3,6 miliar.

"Ini untuk mengoptimalkan fungsi situ embung dalam menampung air hujan dan aliran permukaan pada wilayah sekitarnya serta sumber air yang memungkinkan seperti mata air, sungai-sungai kecil untuk menyediakan air irigasi," kata Amirrudin.

Sementara, Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda menyatakan,  hingga saat ini Pemkab Kuningan telah membangun 30 buah embung dari 113 potensi embung atau situ yang ada di Kabupaten Kuningan dengan daya tampungan air 29.358.244,76 meter kubik

"Saya berhara agar embung-embung yang telah dibangun ini dipelihara guna persediaan air khususnya pada musim kemarau," kata Utje. (Zoen)***
 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: