Harga Hewan Qurban Meningkat 30 Persen

Zoen Mahardika | Rabu, 01 Oktober 2014 19:51
Bagikan ke Facebook

JL. CUT NYAK DIEN, (KM): Beberap hari menjelang  Hari Raya Idul Adha 1435 H, pedagang hewan qurban banyak bermunculan di beberapa lokasi terutama pinggir jalan raya sekitar kota kabupan. .Mereka umumnya  pedagang musiman yang memanfaatkan momen Idul Adha.

Banyak pemilik atau pemelihara hewan domba yang langsung memasarkan hewan peliharaannnya, seperti terlihat di sepanjang jalan Cut Nyak Dien wilayah Kelurahan Windusengkahan dan Cijoho Kecamatan Kuningan, beberapa hari terakhir ini.

”Memang setiap tahun menjelang Idul Adha, saya sudah biasa menjual domba langsung kepada pihak pembeli yang akan melaksanakan qurban,” kata Suryat, yang mangkal di lahan kosong di jalan Raya Cut Nyak Dien, sekitar Kelurahan Cijoho, Kecamatan Kuningan, Rabu (1/10/2014).

Menurut Suryat, harga hewan qurban saat menjelang Idul Adha tahun ini meningkat tajam dibandingkan tahun sebelumnya. Jika harga satu ekor kambing jantan yang memenuhi syarat untuk qurban pada tahun lalu Rp1,5 juta, kini menjadi Rp2 juta.

“harga hewan qurban setiap tahun sudah biasa naik, mungkin karena meningkatnya permintaan pasar,” kata Suryat, dibenarkan pula oleh pedagang hewan qurban lainnya.

Suryat menjelaskan, banyak pembeli hewan qurban yang tidak mau pusing mengurus hewan yang dibelinya. Mereka umumnya, sudah biasa menitipkan sementara hewan qurban kepada pihak penjual.

“Kepada saya juga banyak menitip dulu, nanti sehari sebelum qurban biasanya dambil tanpa harus membayar jasa perawatan,” kata Suryat. *** (Zoen)

 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: