Kuta Tingkem, Potensi Wisata Terpendam di Dusun Banjaran

Zoen Mahardika | Selasa, 03 Desember 2013 20:23
Bagikan ke Facebook

<iframe src="https://www.facebook.com/plugins/post.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fhorison.tirtasanitahotel%2Fposts%2F336037406738133&width=500" width="400" height="250" style="border:none;overflow:hidden" scrolling="no" frameborder="0" allowTransparency="true"></iframe>KARANGKANCANA, (KM): DUSUN Banjaran Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan, ternyata menyimpan potensi wisata alam yang jarang ditemukan daerah lain. Satu di antaranya yakni  Kuta Tingkem, yang terletak kurang lebih satu kilometer dari perkampungan penduduk dusun tersebut.

Kuta Tingkem, sebenarnya sebuah bongkahan batu besar menyerupai bukit seluas kurang lebih lima hektar. Di atas bongkahan batu itu tumbuh beberapa jens pepohonan. Untuk mencapai Kuta Tingkem, harus berjalan kaki  melewati perswahan milik masyarakat serta melintasi sungai kecil berair jernih.

“Saya tidak tahu persis mengapa batu ini disebut Kuta Tingkem, namun yang jelas ini bongkahan batu besar,” kata Kepala Dusun Banjaran, Rusdiana yang menemani perjalanan menelusuri kawasan Kuta Tingkem.

Menurut Rusdiana, banyak pelajar yang bermain Kuta Tingkem. Selain hanya sekadar memandang batu itu, ada juga yang naik ke atas batu yang di sekitarnya terdapat pula air terjun.

Kawasan Kuta Tingkem, barangkali cocok bagi wisatawan yang senang berpetualang seperti panjat tebing, camping dan lintas alam. Sayangnya, akses jalan ari Desa Jabranti menuju Desa Banjaran kondisinya rusak parah.

“Mungkin saja kalau akses jalan bagus banyak yang berkunjung ke daerah ini. Api entah kapan jalan Dusun Banjaran bisa diperbaiki,” imbuhnya.

 

Komentar (1)

ruska

tolong dong kunjungi batu ini

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: