Hasil Pemilukada Mengundang Penasaran Warga

Zoen Mahardika | Senin, 16 September 2013 19:50
Bagikan ke Facebook

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: mf_title

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 149

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: mf_fotografer

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 149

KM
[Foto: ]

KOTA, (KM): Banyak warga Kabupaten Kuningan yang penasaran atas hasil pemungutan suara Pemilu Bupati dan Wakil  Bupati Kuningan yang dilaksanakan Minggu (15/9/2013). Meski sudah muncul hasil perolehan suara sementara berdasarkan hitung cepat (quick count) yang dilakukan dua lembaga survei, namun belum bisa dipastikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati yang unggul dalam pemilihan kepala daerah itu. Dua lembaga survei yakni Lembaga Lensa dan Paramater yang melakukan hitung cepat  meyatakan  pasangan unggul berbeda. Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan tidak menggelar hitung cepat dalam pemungutan suara.

Berdasarkan hasil hitung cepat lembaga Lensa menyatakan  perolehan suara tertinggi diraih pasangan H. Momon Rochmana dan H.T Mamat Robby Suganda (ROCHMAT) unggul tipis di atas pasangan Hj. Utje Ch. Suganda (UTAMA). Sebaliknya  hasil survei parameter menyatakan pasangan UTAMA unggul berbeda tipis di atas pasangan ROCHMAT.

Dalam hitung cepat lembaga Lensa pasangan H. Momon Rochmana dan H.T Mamat Robby Suganda (ROCHMAT) meraih suara 43,19 %, pasangan  Hj. Utje Ch. Suganda (UTAMA) 41,43%, pasangan H. Kamdan-Hj Elit Nurlitasari (HK-ELIT BAIK) meraih 10,81% dan pasangan  H. Zainul Mustafa Affandi-H Chartam Sulaiman (ZAMAN) meraih 4,57%. Hitung cepat mengambil sampel sebanyak 151 TPS  dengan tingkat kesalahan (margin error) 2%.

Berbeda dengan hasil hitung cepat lembaga parameter yang mengumumkan hasil akhir survei perolehan suara pasangan ROCHMAT 41,45%, HK-ELIT BAIK  7,78%, UTAMA 44,31%, dan pasangan ZAMAN 6,45%. Angka raihan suara  itu berdasarkan  sampel perolehan suara di 118 TPS dengan tingkat kesalahan 3%.

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Kunigan Endun Abdul Haq kepada wartawan menyatakan, dalam pemilihan Bupati dan Waakil Bupati Kuningan periode 2013-2018 KPU tidak  mengadakan quick count.

"Kami baru akan membuka hasil real count melalui rapat pleno KPU yang dijadwalkan tanggal 20 september 2013," Kata Endun Abdul Haq. (Zoen)***
 

 

Komentar (1)

yatbo

Yah...Siapa kalah dan menang dalam pertarungan yang namanya pemilu atau apapun. Tentu ada kalah dan menang, tapi kekalahan yang dicurangi itu yang membuat kita KESAL. Bangsa ini kok suka tipu-tipu. Katanya JUJUR, ADIL, tapi kenapa ada dua lembaga survei yang buat bingung rakyat. Mestinya KPU punya sikap tegas dan lugas. Atau kita kembali ke jaman purba dengan perhitungan cara kuno ?

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: