Empat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Paparkan Program

Zoen Mahardika | Jum'at, 30 Agustus 2013 00:18
Bagikan ke Facebook

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: mf_title

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 149

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: mf_fotografer

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 149

KM
[Foto: ]

RE. MARTADINATA, (KM): Empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2013-2018 memaparkan beberapa program pembangunan, pada Rapat  Paripurna Istimewa Penyampaian Visi dan Misi Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan, di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Kuningan, Kamis (29/8/2013). Sidang paripurna yang dipimpin oleh pimpinan DPRD Kuningan H. Yudi Budhiana, berlangsung tertib dan aman.  

Paparan program yang termuat dalam Visi dan Misi Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan, disampaikan masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati  bergiliran dimulai nomor urut 1 yakni pasangan H. Momon Rochmana dan H.T Mamat Robby Suganda (ROCHMAT). Selanjutnya, nomor urut 2 pasangan H. Kamdan dan Hj. Elit Nurlitasari, S.Sos, nomor urut 3 pasangan Hj. Utje Ch Hamid Suganda, S.Sos M.AP dan H. Acep Purnama. SH, MH (UTAMA) serta pasangan nomor urut 4 H. Zainul Mustafa Affandi, SE dan H. Chartam Sulaiman, S.T.MM (ZAMAN).

Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan pasangan nomor urut 1 ROCHMAT memaparkan beberapa program di antaranya program pembinaan kehidupan beragama dan bermasyarakat yang sejuk, damai dan harmonis termasuk peningkatan sarana dan prasarana pendidikan keagamaan serta penghargaan kepada guru ngaji, penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial khususnya pengentasan kemiskinan, peningkatan produktivitas sektor pertanian dan pariwisata, pemberdayaan ekonomi rakyat dan penciptaan kecakapan hidup masyarakat, pembangunan insprastruktur yang berkelanjutan untuk mendukung perekonomian dan pelayanan masyarakat, pembangnan sistem agribisnis terpadu untuk mendukung Kabupaten Kuningan sebagai kawasan agropolitan, pembangunan dan pengembangan pariwisata berbasis jasa lingkungan, membangun tata kelola pemerintah yang baik serta peningkatan manajemen dan kemampuan keuangan desa.

Program prioritas tersebut ditopang dengan program penunjang. Yang dimaksud program penunjang adalah program bidang terkait yang menunjang keberhasilan program prioritas meliputi program peningkatan pendapatan dan efisiensi anggaran, pengembangan jejaring kerjasama daerah, pengendalian laju pertumbuhan penduduk dan penanganan masalah sosial, pengendalian pencemaran dan penanggulangan kerusakan lingkungan hidup, perencanaan  pengendalian dan pemanfaatan tata ruang, pemeliharaan dan pengembangan seni, budaya dan kearifan lokal serta penghargaan kepada pelaku seni dan budaya, peningkatan promosi produk unggulan daerah dan investasi, peningkatan tertib administrasi pengelolaan keuangan dan aset daerah serta manajemen kepegawaian, pemberdayaan perempuan, pemuda , olah raga dan pondok pesantren.

Sementara, pasangan calon Bupati Kuningan nomor urut 2 H. Kamdan dan Hj. Elit Nurlitasari memaparkan beberapa program antara lain pembangunan infrastruktur pedesaan, ditargetkan semua jalan desa dapat diakses dengan baik disertai bantuan langsung ke desa, termasuk infrastruktur air bersih dan listrik, memacu kemandirian ekonomi masyarakat melalui akses permodalan dan kemudaan dan bimbingan bagi setiap pelaku ekonomi untuk memulai dan mengembangkan usahanya di Kuningan.

Selain itu mengurangi angka pengangguran melalui serangkaian kebijakan strategis, yang setiap tahun persentasenya dapat dievaluasi, pengembangan spiritual dan keagamaan melalui penyediaan insentif khusus bagi seluruh guru ngaji , imam masjid dan warga yang konsen terhadap pendidikan agama serta menguatkan peran TPQ/TPA, majelis taklim dan aktivtas keagamaan lainnya.

Pendidikan gratis dan berkualitas bagi siswa SD/MI, SMP/MTs, SMASMK/MA dan pondok pesantren. Dalam 2,5 tahun ditargetkan tidak ada lagi anak-anak usia sekolah di Kuningan yang tidak menempuh pendidikan formal, layanan kesehatan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat, semua Puskesmas dan rumah sakit (kelas III) dapat diakses dengan gratis.

Repormasi birokrasi yang bertujuan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan bertannggungjawab demi terwujudnya Kuningan bebas KKN, Penguatan sistem dan pendelegasian kewenangan oleh pemerintah daerah kepada pemerintahan desa da;am ha urusan pemerntahan pembangunan pelayanan sosial masyarakat.Peningkatan kapasitas dan kesejahteraan apaatur pemerintahan daerah yang terdiri guru, pns, tenaga honorer ddaerah dan aparatur pemerintahan desa., pembangunan sarana dan prasarana olahraga yang revresentative. Revitalisasi peran dan fungsi pemuda Kuningan termasuk menjaga dan mengembangkan seni budaya khas Kunngan., Menciptakan iklim nvestasi yang kndusif bagi  para investor, dengan tetap berpihak kepada rakyat dan kelestarian lingkungan hidupn guna meningkatkan PAD dan terbukanya lapangan kerja.

Selanjutnya, pasangan nomor urut 3 UTAMA memaparkan program antara lain Ngawangun Lembur : Pembangunan berbasis desa sesuai karakteristik desa, Peningkatan layanan publik di bidang kesehatan dan daya beli: kesehatan , pendidikan, dan bantuan modal bagi masyarakat kurang mampu, Percepatan wajib belajar 12 tahun, Peningkatan ekonomi rakyat:revitalisasi pasar desa, sarana pendukung ekonomi pedesaan,  penganekaragaman produk unggulan daerah, pengembangan ekonomi kreatif dan kemitraan, pemantapan kerjasama daerah dalam konsep pembangunan regional,Intensifikasi sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Peningkatan produktivitas  pertanian dan industri kecil menengah, penuntasan infrastruktur yang bersifat strategis sebagai pendukung kegiatan perekonomian daerah (Jalan lingkar timur, Kebun Raya Kuningan, Waduk Kuningan), peningkatan peran serta sektor swasta melalui CSR, Pengendalian Pemanfaatan Ruang, Peningkatan manajemen kepariwisataan daerah sebagai sektor unggulan daerah, Reformasi birkrasi, Peningkatan Kehidupan Beragama yang Rukun dan Harmonis, Peningkatan konservasi Sumber daya Alam dan lingkungan hidup

Sementara itu, pasangan nomor urut 4 ZAMAN memaparkan beberapa program antara lain program pendidikan yang meliputi Rehabilitasi /renovasi bangunan SD/MI,SMP dan MTs,  pengadaan sarana praktek murid SD, MI, SMP dan MTs, pengadaan meubelair SD/MI, SMP DAN MTs, Pembebasan biaya SPP bagi siswa SD,MI,SMP dan MTs, Peningkatan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan untuk tingkat SMA, SMKdan Madrasah Aliyah.

Pasangan ZAMAN juga memaparkan program lainnya. Kesehatan, Ekonomi, Jaringan Kepemerintahan, Program Lingkungan.  Program kesehatan meliputi pembebasan biaya pelayanan kesehatan dasar, Perluasan pembangunan puskesmas dengan tempat perawatan dan pelayanan persalinan (PONED), penyediaan obat generik bagi masyarakat miskin lebih memadai, pengadaan Puskesmas keliling/jemput bola. (Zoen)***  

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: