Ayo Cegah Kebakaran

KUNINGANMEDIA | Rabu, 21 Agustus 2013 06:39
Bagikan ke Facebook

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: mf_title

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 149

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: mf_fotografer

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 149

KM
[Foto: ]

Wilayah Kabupaten Kuningan termasuk daerah yang mempunyai luasan hutan lebih dari 30 persen, tersebar di wilayah Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dan daerah perbukitan yang memanjang dari selatan Gunung Ciremai bersambung ke selatan Kuningan sampai wilayah timur Kuningan. Keberadaan hutan yang luas tersebut disertai dengan musim kemarau panjang dan faktor ulah manusia karena terdapat wilayah hutan yang berdekatan dengan wilayah pedesaan, biasanya menjadi faktor utama penyebab terjadinya kebakaran hutan. Sedangkan kawasan yang rawan terhadap kebakaran hutan/lahan di wilayah Kabupaten Kuningan meliputi kecamatan  yang ada dalam Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC).

Kebakaran hutan/lahan di wilayah Kabupaten Kuningan meliputi kecamatan yang ada dalam kawasan Badan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Kebakaran merupakan bencana yang lebih banyakdisebabkan oleh kelalaian manusia )huan error) dengan dampak kerugian harta benda, stagnasi atau tersendatnya usaha, terhambatnya perekonomian dan pemerintahan bahkan korban jiwa.


Data menunjukan kejadian kebakaran yang menimpa bangunan perumahan, permukiman penduduk pada umumnya terbakar habis karena kontruksi bangunan menggunakan bahan /elemen yang mudah terbakar. Sedangkan pada bangunan gedung dengan rangka beton masih meninggalkan sisa rangka fisik.


Bahaya kebakaran bisa terjadi dan akan terjadi kapan saja di mana saja baik di hutan, kantor, perumahan, pabrik dan gedung-gedung tinggi.Mari kita tingkatkan kewaspaan untuk mencegah melalui pengurangan risiko.
Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda padat, misalnya kertas, kayu, plastik, karet, busa dan lain-lain. Media pemadamnya adalah menggunakan air, pasir, karung goni yang dibasahi dan alat pemadam kebakaran.
Kebakaran yang disebabkan oleh listrik media pemadamnya adalah alat pemadam kebakaran. Ingat matikan dulu sumber listrik agar kita lebih aman dalam penanggulangannya.


TIPS PENCEGAHAN
1. Periksa instalasi listrik secara berkala apabila ada kabel-kabel yang rapuh sambungan atau stop kontak yang aus atau tidak rapat segera diganti dengan yang baru.
2. Periksa kondidi tungku masak baik kompor minyak, kompor gas, selang, tbung segera diganti apabila ada yang rapuh atau rusak (bocor).
3.  Jangan menyimpan barang-barang yang mudah terbakar dekat sumber api
HINDARI!!
1. Penggunaan listrik melebihi kapasitas
2. Pemasangan instalasi listrik dengan terlalu banyak sambungan atau stop kontak yang aus atau tidak rapat segera ganti dengan yang baru.
3. Pada saat lampu padam, jangan letakan lilin dekat dengan bahan yang mudah terbakar.
4. Hindari alat-alat yang mudah terbakar dari jangkauan anak-anak.
BENCANA TIDAK DAPAT DIHINDARI, TAPI DAMPAKNYA BISA DIKURANGI MELALUI UPAYA PENGURANGAN RISIKO.
Informasi Layanan Masyarakat ini Disampaikan :
 BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KABUPATEN KUNINGAN  
JL. SILIWANGI No. 88 LINGKUP SETDA KUNINGAN |TLP/FAX 0232-876333
SMS 087723244000 email bpbdkab.kuningan@yahoo.o.id

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: