Ketika Pedagang Burjo Pulang Kampung

Zoen Mahardika | Senin, 29 Juli 2013 23:20
Bagikan ke Facebook

BEBERAPA perusahaan angkutan bis jurusan Kuningan-Jakarta dan Kuningan-Yogyakarta, jauh hari sudah melakukan persiapan menambah armada untuk mengantisipasi lonjakan penumpang mudik lebaran.  Selain menambah  armada, ada beberapa perusahaan angkutan bis yang sudah dikontrak oleh salah satu perusahaan produk mie instan yang sengaja menyadakan layanan angkutan mudik gratis bagi ratusan pedagang bubur kacang ijo (Burjo) di Yogyakarta yang akan mudik ke Kuningan.

Memang, setiap  tahun pada musim mudik lebaran banyak pedagang burjo asal Kuningan yang pulang kampung dengan menggunakan layanan angkutan gratis. Tak sedikit pula yang menggunakan bis reguler, travel maupun kendaraan pribadi.

"Salah satu  perusahaan bis  jurusan Kuningan-Yogyakarta tahun ini menyiapkan 30 armada bis untuk  pedagang burjo asal Kuningan yang akan mudik dari Yogyakarta," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, Jaka Chaerul.

Menurut keterangan, pedagang  burjo asal Kuningan di Jakarta dan Yogyakara jumlahnya mencapai ribuan. Tersebardi setiap jalan, tempat kost-an dan pusat keramaian lainnya. Mereka ada yang mengontrak  kios, banyak pula yang sudah memiliki, bangunan sendiri.

"Memang biasanya mereka pulang ke kampung halaman rutin setiap satu atau dua bulan, tapi pada lmusim lebaran seperti sekarang ini mungkin ribuan pedagang burjo akan mudik pada waktu bersamaan." papar Jaka. (Zoen)***

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: