Gerakan Tentara Pelajar di Kuningan (Bagian 5)

KUNINGANMEDIA | Kamis, 13 Juni 2013 14:16
Bagikan ke Facebook
KM
ilustrasi [Foto: Zoen Mahardika]

Dalam mencari dana untuk membiayai kegiatan Tentara Pelajar, mereka antara lain menyelenggarakan pertunjukan tunil )(sandiwara). Suatu ketika IPI mementaskan tonil di Gedung Sociteit engan judul Racun Perjuangan. Adjid dan Apidik berperan sebagai mata-mata Belanda. Mereka ditangkap oleh oleh TNI/CPM yang diperankan oleh Umsa dan Sudarna lalu ditembak mati. Yang berperan sebagai pengurus jenazah adalah MS Moh. Sulaeman, sebagai Purnama. Cerita ini dikarang dan disutradarai oleh Saleh Al Games. Dalam kenyataannya, Adjid dan Apidik tewas ditembak oleh Belanda.

Banyak kegiatan Tentara Pelajar bertujuan untuk mengacaukan suasana kota, seperti memutuskan kawat telepon, memecahkan bohlam di jalan-jalan, membuat dan memasang plakat-plakat, mencuri senjata dan amunisi. Bersama-sama dengan pasukan TNI, Tentara Pelajar menyerang pos-pos Belanda di dalam kota, sebab mereka mengetahui seluk beluk kota Kuningan.

Beberapa pelajar yang fasih berbahasa Belanda biasa datang ke tangsi-tangsi Belanda untuk bekerja. Di antara mereka ada yang bekerja sebagai tukang cuci piring, tukang kebun, jongos dan lain-lain. Mereka diterima dengan baik dan dapat bermunikasi dengan lancar. Padahal mereka bukan sekadar bekerja, tetapi bertindak sebagai mata-mata, mereka memperhatikan segala sesuatu dalam tangsi dan gerak-gerik serta pembicaraan orang Belanda .

Para Tentara Pelajar tidak menduga bahwa di antara anggotaya ada yang berkhianat, membocorkan beberapa rencana kegiatan Tentara Pelajar melawan Belanda. Pada suatu malam, Tentara Pelajar sedang mengadakan rapat, untuk mengatur siasat dalam usaha mengacaukan kegiatan Belanda di Kota Kuningan. Tiba-tiba tempat rapat dikepung dan disergap oleh pasukan Belanda . Beruntung tidak ada anggota yang tertangkap dan mereka berhasil meloloskan diri..Dikutip Dari : Buku Sejarah Perjuangan Rakyat Kuningan (Dewan Harian Cabang Angkatan '45 Kabupaten Kuningan).

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: