Dispenda Turunkan Target Pajak Sarang Burung Walet

Nung Khazanah | Ahad, 19 Mei 2013 18:36
Bagikan ke Facebook
KM
[Foto: ]

JL, SILIWANGI, (KM): Bisnis sarang burung walet,  cukup menggiurkan beberapa tahun lalu di Kabupaten Kuningan. Alam Kuningan yang cukup mendukung terhadap produksi sarang burung walet sempat menjadi andalan para investor luar daerah untuk mengembangkan sayap bisnisnya  di derah berhawa sejuk ini.

Banyak bangunan rumah yang tidak dihuni warga  dijadikan tempat bersarangnya burung walet. Namun, dalam kurun satu tahun terakhir ini bisnis sarang burung walet  sedang lesu, sehingga berdampak terhadap menurunnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kuningan.

Apalagi  objek pajak sarang burung burung walet menjadi salah satu objek paling sulit dalam penagihan pajak. Alasannya, pemilik sarang walet kebanyakan bukan penduduk asli Kuningan, melainkan investor luar yang menggunakan jasa pekerja (penunggu sarang). Akibatnya menyulitkan petugas penagih pajak karena harus kejar-kejaran dengan pemilik walet. Kalaupun ditemukan alamat pemilik , petugas harus menunggu sabar sampai ketemu langsung dengan pemilik.

“Itu salah satu dari sekian banyak objek pajak yang tersulit dalam penagihannya. Memang cukup lumayan dari pajak sarang walet ini dan setiap tahun selalu naik, namun pada tahun ini mengalami penurunan,” ujar Kabid Program pada Dinas Pendapatan, Nono Sujono, Jumat (17/5/2013).

Di tahun 2012 pencapaian pajak walet menyentuh angka Rp 50 juta, namun di tahun 2013 ini hanya ditargetkan sebesar Rp 35 juta, dengan perhitungan pajaknya 10 % dari laba yang diterima pemilik. Penurunan itu terlihat semakin melemahnya produksi walet di Kuningan, bangunan yang tidak dipakai produksi lagi dan menurunnya harga jual yang cukup drastis.

“Sekarang harga jualnya tidak semahal waktu dulu, sehingga banyak industri walet yang bangkrut dan ditinggalkan pemiliknya. Ini hasil survei sehingga capaian pajak walet ini targetnya harus diturunkan,"katanya. (noenk kh)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: